@phdthesis{digilib50450, month = {February}, title = {IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TA{\d H}FI{\d Z} MENGGUNAKAN METODE TALAQQI DI TK ISLAM AL-AZHAR 47 PATI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM 16430021 MAYLANA NURFARIHA}, year = {2020}, note = {Drs. H. Suismanto, M.Ag.}, keywords = {Implementasi, pembelajaran ta{\d h}fi{\d z} , metode talaqqi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50450/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak-anak yang belum bisa membaca Al-Qur?an, tapi ada keinginan untuk menghafal. Pembelajaran ta{\d h}fi{\d z} menggunakan metode talaqqi menjadi salah satu solusi untuk membantu dan mempermudah anak-anak dalam menghafal. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian mengenai bagaimana implementasi pembelajaran ta{\d h}fi{\d z} menggunakan metode talaqqi, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran ta{\d h}fi{\d z} menggunakan metode talaqqi ini. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin menggambarkan dan mencari makna mengenai implementasi pembelajaran ta{\d h}fi{\d z} menggunakan metode talaqqi, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran ta{\d h}fi{\d z} menggunakan metode talaqqi. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model satu alur Matthew B. Miles A. Michael Huberman yang terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) implementasi pembelajaran ta{\d h}fi{\d z} menggunakan metode talaqqi di TK Islam Al-Azhar 47 Pati memiliki tiga tahapan yaitu tahapan sebelum pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan setelah pembelajaran. Tahapan sebelum pembelajaran meliputi persiapan alat dan media pembelajaran, serta pengkondisian. Tahapan pada saat pembelajaran meliputi guru melafalkan satu ayat dan anak-anak mendengarkan, guru melafalkan satu ayat xix kemudian anak-anak menirukan, guru dan anak-anak melafalkan satu ayat bersama-sama, guru memanggil satu per satu anak untuk setoran. Tahapan setelah pembelajaran meliputi evaluasi, berdo?a, dan pembagian stiker bintang. (2) Faktor pendukung pembelajaran ta{\d h}fi{\d z} menggunakan metode talaqqi terdiri atas faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi semangat anak, minat anak, kemampuan anak, kreativitas guru dan adanya kerjasama dengan guru kelas. Faktor eksternal meliputi fasilitas yang lengkap dan memadai, hadiah, adanya kerjasama dengan wali murid, adanya program pendukung seperti ekskul ta{\d h}fi{\d z} , kelas ta{\d h}fi{\d z} unggulan, dan shalat berjama?ah. Adapun faktor penghambat dalam pembelajaran ta{\d h}fi{\d z} menggunakan metode talaqqi terdiri atas faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kurang adanya percaya diri anak dan anak tidak tertib. Faktor eksternal penghambat pembelajaran ta{\d h}fi{\d z} yakni anak terpengaruh oleh temannya sendiri, anak sulit dikondisikan dan kurangnya kontrol dari orang tua.} }