eprintid: 50450 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/05/04/50 datestamp: 2022-04-13 03:08:29 lastmod: 2022-04-13 03:08:29 status_changed: 2022-04-13 03:08:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MAYLANA NURFARIHA, NIM 16430021 title: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAḤFIẒ MENGGUNAKAN METODE TALAQQI DI TK ISLAM AL-AZHAR 47 PATI ispublished: pub subjects: s_piaud divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Implementasi, pembelajaran taḥfiẓ , metode talaqqi note: Drs. H. Suismanto, M.Ag. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak-anak yang belum bisa membaca Al-Qur’an, tapi ada keinginan untuk menghafal. Pembelajaran taḥfiẓ menggunakan metode talaqqi menjadi salah satu solusi untuk membantu dan mempermudah anak-anak dalam menghafal. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian mengenai bagaimana implementasi pembelajaran taḥfiẓ menggunakan metode talaqqi, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran taḥfiẓ menggunakan metode talaqqi ini. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin menggambarkan dan mencari makna mengenai implementasi pembelajaran taḥfiẓ menggunakan metode talaqqi, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran taḥfiẓ menggunakan metode talaqqi. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model satu alur Matthew B. Miles A. Michael Huberman yang terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) implementasi pembelajaran taḥfiẓ menggunakan metode talaqqi di TK Islam Al-Azhar 47 Pati memiliki tiga tahapan yaitu tahapan sebelum pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan setelah pembelajaran. Tahapan sebelum pembelajaran meliputi persiapan alat dan media pembelajaran, serta pengkondisian. Tahapan pada saat pembelajaran meliputi guru melafalkan satu ayat dan anak-anak mendengarkan, guru melafalkan satu ayat xix kemudian anak-anak menirukan, guru dan anak-anak melafalkan satu ayat bersama-sama, guru memanggil satu per satu anak untuk setoran. Tahapan setelah pembelajaran meliputi evaluasi, berdo’a, dan pembagian stiker bintang. (2) Faktor pendukung pembelajaran taḥfiẓ menggunakan metode talaqqi terdiri atas faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi semangat anak, minat anak, kemampuan anak, kreativitas guru dan adanya kerjasama dengan guru kelas. Faktor eksternal meliputi fasilitas yang lengkap dan memadai, hadiah, adanya kerjasama dengan wali murid, adanya program pendukung seperti ekskul taḥfiẓ , kelas taḥfiẓ unggulan, dan shalat berjama’ah. Adapun faktor penghambat dalam pembelajaran taḥfiẓ menggunakan metode talaqqi terdiri atas faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kurang adanya percaya diri anak dan anak tidak tertib. Faktor eksternal penghambat pembelajaran taḥfiẓ yakni anak terpengaruh oleh temannya sendiri, anak sulit dikondisikan dan kurangnya kontrol dari orang tua. date: 2020-02-25 date_type: published pages: 187 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MAYLANA NURFARIHA, NIM 16430021 (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAḤFIẒ MENGGUNAKAN METODE TALAQQI DI TK ISLAM AL-AZHAR 47 PATI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50450/1/16430021_MAYLANA%20NURFARIHA_BAB%20I_BAB%20V.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50450/2/16430021_MAYLANA%20NURFARIHA_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20IV.pdf