@phdthesis{digilib50451, month = {May}, title = {PENILAIAN PEMBELAJARAN IPA BAGI ANAK SLOW LEARNER KELAS V DI SD INTIS SCHOOL YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM: 16480005 Aininu Hana Minhalina}, year = {2020}, note = {Izzatin Kamala, S.Pd.,M.Pd}, keywords = {Penilaian Pembelajaran IPA, ABK Slow Learner, Pendidikan Inklusi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50451/}, abstract = {Penilaian hasil belajar bagi ABK Slow Learner yang mengikuti kurikulum yang digunakan di sekolah inklusi. Sehingga diperlukan modifikasi agar sesuai dengan ketentuan penilaian hasil belajar bagi ABK Slow Learner yaitu penilaian secara fleksibel. Permasalahan utama penelitian ini yaitu Bagaimana penilaian pembelajaran IPA bagi anak Slow Learner kelas V di SD INTIS School Yogyakarta yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil akhir. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penilaian pembelajaran IPA bagi anak Slow Learner kelas V di SD INTIS School Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini yaitu 1 peserta didik Slow Learner, 1 guru kelas dan 1 guru pendamping kelas, dan Kepala Sekolah SD INTIS School Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yaitu terdapat reduksi data berupa rangkuman hal-hal pokok, penyajian data berupa uraian, penarikan kesimpulan berupa Hasil penelitian menunjukkan, Penilaian mata pelajaran IPA bagi ABK Slow Learner disamakan. Persamaannya pada RPP, KKM, dan soal ujian bagi ABK Slow Learner. Akan tetapi, dibedakan pada proses pengkoreksian jawaban khusus soal subjektif untuk menghargai jawabannya.} }