@phdthesis{digilib50456, month = {May}, title = {IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM MENGHAFAL AL-QUR?AN BAGI PESERTA DIDIK KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH SIDOWAYAH WERU SUKOHARJO}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM: 16480025 Ade Oktafia}, year = {2020}, note = {Drs. Mangun Budiyanto, M.S.I.,}, keywords = {Implementasi, Metode Talaqqi, Menghafal Al-Qur?an}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50456/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah ketertarikan penulis terhadap metode talaqqi yang digunakan di MI Muhammadiyah Sidowayah Weru dalam pembelajaran menghafal Al-Qur?an. Metode talaqqi memfokuskan pembelajaran tahfi{\d z} dengan cara bertatap muka secara langsung antara peserta didik dan guru. Selain itu, metode talaqqi juga digunakan untuk mempelajari ilmu tajwid suatu bacaan Al-Qur?an. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana gambaran umum MI Muhammadiyah Sidowayah Weru, (2) bagaimana implementasi metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur?an bagi kelas V di MI Muhammadiyah Sidowayah Weru, (3) bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur?an bagi kelas V di MI Muhammadiyah Sidowayah Weru, (4) bagaimana hasil implementasi metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur?an bagi kelas V di MI Muhammadiyah Sidowayah Weru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, koordinator tahfi{\d z}, guru tahfi{\d z} dan peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Sidowayah Weru. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil implementasi metode talaqqi dalam meghafal Al-Qur?an bagi kelas V di MI Muhammadiyah Sidowayah Weru berjalan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil pencapaian hafalan peserta didik baik kelas VA, VB dan VC yang mencapai target hafalan. Pencapaian hafalan peserta didik yang mencapai target untuk kelas VA dalam prosentase sebesar 73\%, kelas VB sebesar 88\% dan untuk kelas VC sebesar 100\%. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa sebesar 87\% peserta didik di kelas V sudah mencapai target hafalan yang ditentukan oleh MI Muhammadiyah Sidowayah Weru. Faktor pendukung dalam implementasi metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur?an kelas V di MI Muhammadiyah Sidowayah Weru antara lain: semangat peserta didik dalam menghafal Al-Qur?an, adanya kerjasama dengan beberapa Ustadz atau Ustadzah dari Pondok Pesantren Qoryatul Qur?an, kualitas bacaan Al-Qur?an guru tahfi{\d z}, adanya ruang menghafal yang memadai, dan dukungan dari orangtua peserta didik. sedangkan faktor penghambatnya yaitu perubahan mood peserta didik yang tidak terkondisikan dan adanya kegiatan lain seperti perlombaan yang terkadang menyita waktu pembelajaran tahfi{\d z}.} }