%0 Thesis %9 Skripsi %A Indri Denispriyanti, NIM.: 16670024 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2020 %F digilib:50478 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kimia, MAN Sleman, Minat peserta didik, Ujian Nasional %P 164 %T ANALISIS PEMINATAN UJIAN NASIONAL KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK DI MAN SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50478/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik dalam pembelajaran kimia. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penyebab rendahnya peminat Ujian Nasional kimia dan mengetahui minat peserta didik terhadap mata pelajaran kimia pada Ujian Nasional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah MAN di Kabupaten Sleman dan 3 diantaranya dipilih sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified random sampling yaitu didasarkan nilai dan jumlah peminat kimia menjadi 3 subpopulasi. Kemudian, dari masing-masing subpopulasi diambil sampel secara random. Banyaknya sampel yang diambil mengacu pada jumlah populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket tertutup, wawancara, dan dokumen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket, pedoman wawancara, dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif menggunakan persentase. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan minat peserta didik terhadap mata pelajaran kimia pada Ujian Nasional termasuk dalam kategori rendah dengan persentase 15,2%. Rendahnya minat peserta didik terhadap kimia disebabkan karena beberapa faktor yang meliputi aspek peserta didik terdiri dari: perasaan senang (67,8%); keterlibatan peserta didik (75,9%); ketertarikan (63,8%); dan perhatian peserta didik terhadap pembelajaran (78,8%). Aspek guru terdiri dari: sumber belajar (76,3%); penyampaian tujuan pembelajaran (77,6%); media pembelajaran (79,0%); dan penguasaan materi (82,1%). Aspek materi terdiri dari: memahami pentingnya kimia (69,0%) dan memahami penerapan kimia (62,2%). Aspek Ujian Nasional terdiri dari: aspek pedagogis (64,8%); aspek sosial dan psikologis (72,0%); dan aspek yuridis (59,8%). %Z Pembimbing: Agus Kamaludin, S.Pd., M.Pd