relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50550/ title: PENANAMAN NILAI ISLAM MODERAT PADA ANAK USIA DINI STUDI KASUS PAUD IT ALHAMDULILLAH YOGYAKARTA creator: Aulia Laily Rizqina, NIM: 18204030014 subject: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) description: Latar belakang masalah penelitian ini adalah salah satu fungsi pendidikan nasional untuk membangun karakter peserta didik dalam penelitian ini karakter muslim moderat. Adapun yang dimaksud sebagai karakter muslim moderat adalah integrasi sifat-sifat moderasi Islam yang menetap dalam diri dan menjadi ciri khas. Sifat-sifat muslim moderat salah satunya selalu menghindarkan perilaku atau pengungkapan yang ekstrem dan berkecenderungan ke arah dimensi jalan tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap, pertama ,apa saja nilai Islam moderat di kelas B TK IT Alhamdillah Kasihan Bantul Yogyakarta yang ditanamkan melalui pembelajaran?; kedua, bagaimana proses pelaksanaan penanaman nilai Islam moderat di PAUD IT Ahamdulillah Kasihan Bantul Yogyakarta melalui pembelajaran dikelas dan diluar kelas?; dan ketiga, bagaimana keberhasilan evaluasi di PAUD IT Ahamdulillah Kasihan Bantul Yogyakarta dalam penanaman nilai Islam moderat pada anak usia dini?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang menggambarkan fakta lapangan dalam objek penelitian beserta dinamika terkait pembahasan penelitian. Hasil penelitian ini setidaknya memperoleh hasil, Pertama, Penanaman nilainilai Islam moderat di PAUD IT Alhamdulillah Yogyakarta dalam pelaksanaannya menanamkan nilai-nilai Tawwasuth, Tawazun, Tahadhur, Islah, dan Tasamuh. Kedua, Proses pelaksanaan penanaman nilai Islam moderat di PAUD IT Alhamdulillah Yogyakarta terdiri dari beberapa metode dalam pelaksanaannya. Adapun metode dalam pelaksanaan penanaman nilai Islam moderat di PAUD IT Alhamdulillah Yogyakarta adalah: metode pembiasaan (habituasi) nilai yang ditanamkan tahadhur dan tawazun, metode nasihat nilai yang ditanamkan tahadhur, metode cerita nilai yang ditanamkan tahadhur, tasamuh, dan tawazun, metode keteladanan nilai yang ditanamkan tahadhur, tasamuh, dan tawwasuth, islah, dan tawazun, metode karyawisata nilai yang ditanamkan islah dan tawazun, dan metode permainan nilai yang ditanamkan tawazun, tahadhur, dan tasamuh. Ketiga, Keberhasilan evaluasi penanaman nilai Islam moderat di PAUD IT AlhamdulillahYogyakarta. Evaluasi keberhasilan dalam penanaman nilai Islam moderat di PAUD IT Alhamdulillah melalui tiga aspek, yaitu: knowing, feeling, dan action. date: 2020-05-05 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50550/1/18204030014_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50550/2/18204030014_BAB-II_Sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Aulia Laily Rizqina, NIM: 18204030014 (2020) PENANAMAN NILAI ISLAM MODERAT PADA ANAK USIA DINI STUDI KASUS PAUD IT ALHAMDULILLAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.