TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Muhajir, S.Pd.I, M.SI ID - digilib50553 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50553/ A1 - Mamat Rachmat, NIM.: 16420030 Y1 - 2020/08/13/ N2 - Munculnya pembelajaran komunikatif di dunia pendidikan khususnya bahasa dimana salah satu linguist ternama ibnu jinni berkata bahwa bahasa adalah bunyi yang diekspresikan oleh suatu bangsa untuk mengungkapkan tujuannya pendekatan komunikatif adalah pendekatan yang menekankan dan fokus kepada penggunaan bahasa itu sendiri sejalan dengan era globalisasi. Namun apabila dilihat dari kenyataan lapangan implementasi pengajaran pendekatan komunikatif bagi mahasiswa jurusan pendidikan bahasa arab fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan UIN Sunan kalijaga banyak menemui kendala sampai berujung pada berhentinya kegiatan belajar. Berbeda dengan implentasinya kegiatan debat bahasa Arab di An-nasyath yang berjalan seperti halnya. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pendekatan komunikatif melalui kegiatan debat bahasa Arab strategi, proses dan kendala yang terjadi yang berada dibawah naungan An-nasyath. Berlandaskan tujuan tersebut diharapkan bisa menjadi solusi yang efektif bagi semua pihak khususnya untuk setiap kegiatan pembelajaran Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Penelitian ini termasuk metode metode kualitatif dan Observasi, Wawancara, dan dokumentasi adalah cara yang digunakan untuk mengumpulkan data. Adapun untuk menguji validitasnya peneleiti menggunakan trianggulasi sumber data dan teori, kemudian data dianalisis dengan menggunakan tiga cara. Pertama, reduksi kedua pemaparan data dan ketiga mengambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan debat bahasa arab (An-nasyath) relevan dan sejalan dengan yang diinginkan oleh pendekatan komunikatif salah satunya adalah peningkatan kompetensi komunukasi. Kegiatan ini juga berjalan seperti seharusnya namun harus melewati dua fase. Pertama, eksplor mosi atau tema debat dan yang kedua adalah mempraktikan debat itu sendiri. Adapun faktor-faktor yang mendukung jalannya kegiatan tersebut adalah para anggota sudah mempunyai pondasi bahasa sehingga tidak kesulitan dalam mengungkapkan ide atau pendapat. Namun rintangan justru muncul dari anggota itu sendiri seperti lebih sibuk dengan kegiatan yang lain, kurang semangat, dan malas mengikuti kegiatan sehingga menyebabkan kemerosotan kualitas dalam berdebat. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Implementasi KW - Debat Bahasa Arab KW - Pendekatan Komunikatif M1 - skripsi TI - TATBIQ BARNAMAJ AL NASHAT LI AL MUNAZARAH FI QISMI TA'LIM AL LUGHAT AL 'ARABIYAH KULLIYAH AL ULUM AL TARBAWIYAH WA TA'HIL AL MU'ALLIMIN JAMI'AH SUNAN KALIJAGA AL ISLAMIYAH AL HUKUMIYAH (DIRASAH TAHLILIYAH MIN HAYTHU AL MADKHAL AL ITTISAL) AV - restricted EP - 138 ER -