%A NIM. 17102010070 Gina Prima Pricillia %O Pembimbing : Mohammad Zamroni, S.Sos.I., M.Si. %T STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA GEMI MAAL DALAM MENYOSIALISASIKAN WAKAF UANG MELALUI INSTAGRAM @MAALGEMI %X Saat ini, wakaf tidak hanya disosialisasikan pada objek tanah, akan tetapi sudah merambah pada objek wakaf lain seperti objek uang. Wakaf uang merupakan bentuk alternatif baru bagi wakif yang belum mempunyai aset atau benda untuk berwakaf, sekaligus memberikan kesempatan luas bagi setiap umat muslim dari berbagai kalangan untuk dapat berpartisipasi dalam menunaikan ibadah wakaf, sekalipun bukan dalam jumlah yang besar. GEMI Maal sebagai lembaga yang legal dalam menerima wakaf uang mampu menjadi media penyadar bagi masyarakat akan pentingnya wakaf uang dengan pemanfaatan media instagram sebagai sarana sosialisasi komunikasi. Oleh karena itu, penelitian ini hadir bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Lembaga GEMI Maal dalam menyosialisasikan wakaf uang melalui instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori Fred R. David yang membagi manajemen strategi melalui 3 tahapan yakni: perumusan, implementasi, dan evaluasi, dan teori difusi inovasi dari Everett M. Rogers untuk memahami, menjelaskan dan menginterpretasikan strategi komunikasi Lembaga GEMI Maal dalam menyosialisasikan wakaf uang melalui Instagram @maalgemi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka peneliti melakukan proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada metode analisis data digunakan teknik analisis Miles dan Huberman yang terdiri atas 3 macam kegiatan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menemukan bahwa GEMI Maal pada tahap perumusan strategi melakukan beberapa penyusun langkah-langkah ke depan berupa aspek internal dan eksternal yang akan dihadapi dan melakukan riset untuk mengidentifikasi sasaran komunikasi, namun pada tahapan ini GEMI Maal perlu mematangkan rangkaian perumusan strategi untuk meningkatkan peluang tercapai tujuan komunikasi. Implementasi strategi pada tahapan ini GEMI Maal menggunakan media instagram sebagai sarana sosialisasi dengan menampilkan konten-konten wakaf uang yang sudah dirancang sedemikian rupa. Kemudian proses evaluasi dimana untuk mengetahui berhasil tidaknya strategi komunikasi yang telah dilakukan, GEMI Maal sangat tergantung pada rate engagement instagram yang menandakan interaksi antara komunikator dan komunikan. Proses difusi inovasi informasi wakaf uang melalui instagram dapat diadopsi dengan baik karena pesan yang disampaikan cukup mudah dipahami dan dapat diterima oleh masyarakat yang masih minim informasi akan wakaf uang. %K Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Wakaf Uang. %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib50583