%0 Thesis %9 Skripsi %A Hotibul Hasan, NIM.: 15420086 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:50592 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Perbandingan, Metode Pembelajaran, Nahwu %P 88 %T QUDRAH AL TALABAH FI TA'LIM KITAB AL 'IMRITI BI MA'HAD AL LUQMANIYAH AL ISLAMI AL SALAFI WA MA'HAD HIDAYAH MUB'TADI'IN AL ISLAMI YOGYAKARTA 1440/1441 H %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50592/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui metode diskusi dalam pembelajaran nahwu kitab `imrity di Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah (2) mengetahui metode ceramah dalam pembelajaran nahwu kitab `imrity di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin (3) mengetahui perbedaan yang signifikan antara metode diskusi di Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah dan metode ceramah di Hidayatul Mubtadiin Yogyakarta dalam pembelajaran nahwu kitab `Imrity. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis studi perbandingan Objek formalnya adalah metode diskusi dan ceramah dalam pembelajaran nahwu kitab `Imrity, sedangkan objek materialnya adalah pembelajaran nahwu di Pondok Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah dan Hidayatul Mubtadi`in Yogyakarta. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakam tehnik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji mann wihtney dengan SPSS versi 20. Hasil analisis menunjukan bahwa : (1) Metode diskusi yang digunakan oleh Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Assalafiyyah dalam pembelajaran nahwu kitab Al `imrity memperoleh rata-rata sebesar 79,03. (2) Metode ceramah yang digunakan oleh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi`in dalam pembelajaran mata pelajaran nahwu kitab Al `imrity memperoleh rata-rata sebesar 78,48. (3) Tidak ada perbedaaan yang signifikan antara metode diskusi dan metode ceramah dikedua pondok pesantren tersebut. Hasil uji mann wihtney bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) menunjukan 0,832. %Z Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I.,M.S.I