eprintid: 50592 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/05/92 datestamp: 2022-04-19 07:07:35 lastmod: 2022-04-19 07:07:35 status_changed: 2022-04-19 07:07:35 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Hotibul Hasan, NIM.: 15420086 title: QUDRAH AL TALABAH FI TA'LIM KITAB AL 'IMRITI BI MA'HAD AL LUQMANIYAH AL ISLAMI AL SALAFI WA MA'HAD HIDAYAH MUB'TADI'IN AL ISLAMI YOGYAKARTA 1440/1441 H ispublished: pub subjects: pba subjects: tata_sej divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Perbandingan, Metode Pembelajaran, Nahwu note: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I.,M.S.I abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui metode diskusi dalam pembelajaran nahwu kitab `imrity di Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah (2) mengetahui metode ceramah dalam pembelajaran nahwu kitab `imrity di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin (3) mengetahui perbedaan yang signifikan antara metode diskusi di Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah dan metode ceramah di Hidayatul Mubtadiin Yogyakarta dalam pembelajaran nahwu kitab `Imrity. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis studi perbandingan Objek formalnya adalah metode diskusi dan ceramah dalam pembelajaran nahwu kitab `Imrity, sedangkan objek materialnya adalah pembelajaran nahwu di Pondok Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah dan Hidayatul Mubtadi`in Yogyakarta. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakam tehnik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji mann wihtney dengan SPSS versi 20. Hasil analisis menunjukan bahwa : (1) Metode diskusi yang digunakan oleh Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Assalafiyyah dalam pembelajaran nahwu kitab Al `imrity memperoleh rata-rata sebesar 79,03. (2) Metode ceramah yang digunakan oleh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi`in dalam pembelajaran mata pelajaran nahwu kitab Al `imrity memperoleh rata-rata sebesar 78,48. (3) Tidak ada perbedaaan yang signifikan antara metode diskusi dan metode ceramah dikedua pondok pesantren tersebut. Hasil uji mann wihtney bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) menunjukan 0,832. date: 2021-04-15 date_type: published pages: 88 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Hotibul Hasan, NIM.: 15420086 (2021) QUDRAH AL TALABAH FI TA'LIM KITAB AL 'IMRITI BI MA'HAD AL LUQMANIYAH AL ISLAMI AL SALAFI WA MA'HAD HIDAYAH MUB'TADI'IN AL ISLAMI YOGYAKARTA 1440/1441 H. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50592/1/15420086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50592/2/15420086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf