<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "POLITIK IDENTITAS DAN MODEL\r\nPEMBELAJARAN MANQULIY\r\nDI LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA\r\nDI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian yang berjudul Politik Identitas dan Model\r\nPembelajaran Manqūliy di Lembaga Dakwah Islam Indonesia di\r\nPropinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini ditulis oleh Ngatipan, NIM\r\n1530016033, mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga\r\nYogyakartapada program Studi Studi Islam, Konsentrasi\r\nKependidikan Islam dibawah bimbingan para promotor, yaitu Prof. Dr\r\nAbdurrahman As Segaf, M. Ag dan Dr. Sumedi,M. Ag, dalam rangka\r\nmemenuhi salah satu syarat dalam memperoleh gelar kesarjanaan\r\nStrata 3 (S3) dalam Ilmu Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan\r\nsekitar dua tahun, mulai tahun 2018 sampai awal tahun tahun 2021.\r\nPembelajaran Manqūliy atau Pembelajaran Ijāzah merupakan\r\nsalah satu bentuk variasi dalam transmisi ilmu pengetahuan dalam\r\nkhazanah keilmuan Islam klasik. Secara mutawâtir model ini telah\r\ndiyakini sebagai sebuah mekanisme yang mapan dalam memperoleh\r\nilmu pengetahuan. Namun demikian dalam\r\nperkembangannya,mainset pembelajaran manqūliy ini terus\r\nberkembang, tidak saja menyangkut hal-hal yang bersifat esensial,\r\nnamun merambah sampai pada hal-hal lainnya, sehingga bermunculan\r\npro kontra antarpihak tentang siapakah sebenarnya pemegang otoritas\r\nkeilmuan dan bagaimanakah ilmu pengetahuan itu bisa dikatakan\r\nmanqūliy. Persoalan di atas menjadi semakin kompleks tatkala entitas\r\nmanqūliy ini dikaitkan dengan politik identitas. Dengan menggunakan\r\nteori habitus Pierre Bourdieau, penelitian ini bertujuan untuk melihat\r\nproses terbentuknya perilaku distingsi yang menjadi dasar bagi pola\r\npendisiplinan identitas jamaah LDII. Kemudian teori pembelajaran\r\ndigunakan untuk melihat proses dibangunnya mainstream\r\nberorganisasi LDII dan metamorfosis identitas mereka melalui\r\npraktek sosial (Social Praktics). Lebih jauh dari itu, penelitian ini\r\nberusaha menganalisis argumen LDII dalam mengeksploitasi konsep\r\nmanqūl dalam upaya mendisiplinkan identitas para jamaahnya.\r\nMetode kualitatif-interpretatif penulis anggap lebih relevan\r\ndigunakan demi tercapainya maksud penelitian diatas. Adapun teknik\r\npengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam (In\r\nDepth Interview), dengan teknik wawancara semi terstruktur\r\ndikombinasikan dengan observasi partisipasif dan studi pustaka.\r\nSepanjang penelitian ini dilakukan, hasil penelitiannya dapat\r\ndisampaikan sebagai berikut : Pertama, Pembelajaran manqūliy merupakan media habituasi perilaku\r\ndistingsi yang menjadi dasar bagi pola pendisiplinan identitas jamaah\r\nLDII, berupa 3 rukun mainstream LDII kepada para jamaahnya, yaitu\r\nilmu manqūl, imâmah dan jamâah dan koin kontribusi. Koin\r\nkontribusi terdiri dari dua macam, yaitu koin generus dan koin haram\r\nmerokok.\r\nKedua, Dalam mainstream LDII, menjadi jamaah LDII merupakan\r\nkonsekuensi wajib bagi seorang muslim untuk mengimplementasikan\r\nnilai-nilai ajaran islam, khususnya berkaitan dengan taklīf manqūl dan\r\nimâmah dan jamâah. Representasi ajaran Islam secara ideal hanya\r\nmampu dicapai jika seseorang hidup dalam ranah jamaah kaum\r\nmuslimin (jamaah LDII).\r\nKetiga, Entitas manqūl dieksploitasi LDII dalam upaya politis\r\nmengkristalkan identitas organisasi di panggung kehidupan sosial dan\r\nkekuasaan Negara yang dikemudian hari diharapkan mampu menjadi\r\nmodal utama dalam mewujudkan kepentingan dan cita-cita para elit\r\norganisasi."^^ . "2022-03-08" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 1530016033"^^ . "Ngatipan"^^ . "NIM.: 1530016033 Ngatipan"^^ . . . . . . "POLITIK IDENTITAS DAN MODEL\r\nPEMBELAJARAN MANQULIY\r\nDI LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA\r\nDI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "1530016033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "POLITIK IDENTITAS DAN MODEL\r\nPEMBELAJARAN MANQULIY\r\nDI LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA\r\nDI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "POLITIK IDENTITAS DAN MODEL\r\nPEMBELAJARAN MANQULIY\r\nDI LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA\r\nDI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "POLITIK IDENTITAS DAN MODEL\r\nPEMBELAJARAN MANQULIY\r\nDI LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA\r\nDI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "POLITIK IDENTITAS DAN MODEL\r\nPEMBELAJARAN MANQULIY\r\nDI LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA\r\nDI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "POLITIK IDENTITAS DAN MODEL\r\nPEMBELAJARAN MANQULIY\r\nDI LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA\r\nDI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "POLITIK IDENTITAS DAN MODEL\r\nPEMBELAJARAN MANQULIY\r\nDI LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA\r\nDI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "POLITIK IDENTITAS DAN MODEL\r\nPEMBELAJARAN MANQULIY\r\nDI LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA\r\nDI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "POLITIK IDENTITAS DAN MODEL\r\nPEMBELAJARAN MANQULIY\r\nDI LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA\r\nDI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "POLITIK IDENTITAS DAN MODEL\r\nPEMBELAJARAN MANQULIY\r\nDI LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA\r\nDI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #50597 \n\nPOLITIK IDENTITAS DAN MODEL \nPEMBELAJARAN MANQULIY \nDI LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA \nDI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . . . "Metode Pembelajaran" . .