%A NIM.: 16490051 Nidaul Fajrin %O Pembimbing: Nora Saiva Jannana, M.Pd %T IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUBLIK TERHADAP INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA %X Latar belakang penelitian ini berawal dari hadirnya tuntutan masyarakat terhadap kualitas serta penyediaan informasi pelayanan publik yang cepat, mudah dan akurat yang kaitannya dengan kepuasan masyarakat. Masyarakat mengharapkan hasil kinerja pelayanan publik dapat memenuhi keinginan yang diharapkan. Sehingga, Menteri Agama Republik Indonesia mengeluarkan keputusan mengenai penyelenggaraan terpadu satu pintu yang tujuannya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menerima informasi pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji implementasi sistem informasi pelayanan publik serta upaya PTSP Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta terhadap indeks kepuasan masyarakat dan dampak dari implementasi sistem informasi pelayanan publik. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang dipilih adalah studi kasus. Tujuannya agar peneliti memperoleh pemahaman lebih dalam mengenai sistem informasi pelayanan publik di PTSP Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap transcript, coding, grouping, comparing dan contrasting. Teknik keabsahan data yang digunakan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi sistem informasi pelayanan publik di PTSP Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta meliputi empat unsur yakni mudah, cepat, akurat dan akuntabel. Implementasi sistem informasi pelayanan publik yang berkaitan dengan indeks kepuasan masyarakat adalah dengan mengupayakan prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan lingkungan serta keamanan pelayanan yang baik dan berkualitas. Dampak implementasi sistem informasi pelayanan publik di PTSP berjalan efektif dan efisien. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil indeks kepuasan masyarakat yang menunjukkan bahwa terdapat 3.308 masyarakat yang telah menerima pelayanan dari PTSP merasa sangat puas atas pelayanan yang telah diberikan. %K Sistem Informasi, Pelayanan Publik, Indeks Kepuasan Masyarakat %D 2020 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib50610