@phdthesis{digilib50639, title = {PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERMUATAN POTENSI LOKAL PEMBUATAN SLONDOK PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 17106090026 Fani Rahayu Diananda}, year = {2022}, note = {Pembimbing : 1. Ika Kartika, M.Pd.Si. 2. Puspo Rohmi, M.Pd.}, keywords = {Potensi Lokal, modul fisika, suhu dan kalor.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50639/}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan modul fisika bermuatan potensi lokal pembuatan slondok pada materi suhu dan kalor untuk siswa SMA/MA kelas XI. (2) mengetahui kualitas modul fisika bermuatan potensi lokal pembuatan slondok pada materi suhu dan kalor untuk siswa SMA/MA kelas XI menurut ahli media, ahli materi dan guru Fisika SMA/MA. (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap modul fisika bermuatan potensi lokal slondok pada materi suhu dan kalor untuk siswa SMA/MA kelas XI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R\&D). Prosedur dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan perangkat yaitu model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang meliputi 4 tahap pengembangan, yaitu (1) Define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), dan (4) Disseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap develop (pengembangan) pada uji terbatas. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi modul, lembar penilaian kualitas modul, lembar respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan skala likert dengan skala 4 dan analisis data respon siswa menggunakan skala Guttman yaitu dibuat dalam bentuk daftar priksa. Hasil dari penelitian ini adalah penelitian ini menghasilkan modul fisika bermuatan potensi lokal yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan yang meliputi analisis peserta didik, materi, dan tujuan pembelajaran di SMA N 5 Magelang. Analisis kebutuhan tersebut ditindaklanjuti dengan pemilihan bahan ajar berupa modul. Kualitas modul fisika bermuatan potensi lokal dinilai baik (B) oleh ahli materi, sangat baik (SB) oleh ahli media, dan sangat baik (SB) oleh guru fisika. Rerata skor yang diperoleh sebagai berikut 3,19; 3,82; dan 3,70. respon peserta didik terhadap modul fisika bermuatan potensi lokal pada uji terbatas memperoleh kriteria setuju (S) dengan perolehan rerata skor 0,96.} }