%0 Thesis %9 Skripsi %A Moh Slamet Sutrimo, NIM. 17106000047 %B Fakultas Tarbiah dam Keguruan %D 2022 %F digilib:50640 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Modul Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual, Literasi Numerasi, Bilangan Berpangkat. %P 199 %T PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT UNTUK MEMFASILITASI LITERASI NUMERASI SISWA SMP/MTs %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50640/ %X Literasi numerasi merupakan pengetahuan dan kecakapan menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam konteks kehidupan sehari-sehari. Literasi numerasi erat kaitannya dengan pengetahuan matematika yang dipelajari dalam kurikulum sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual pada materi bilangan berpangkat untuk memfasilitasi literasi numerasi siswa SMP/MTs yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti langkah-langkah pengembangan Richey dan Klein yang terdiri dari Planing (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar penilaian produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual pada materi bilangan berpangkat untuk memfasilitasi literasi numerasi siswa SMP/MTs telah memenuhi kriteria valid. Hal tersebut didasarkan pada penilaian oleh dua validator ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian menunjukan nilai rata-rata akhir validitas produk sebesar 0,81 dan termasuk dalam kriteria tinggi. %Z Pembimbing : Fina Hanifa Hidayati, M.Pd.,