eprintid: 50640 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/05/06/40 datestamp: 2022-04-20 05:31:44 lastmod: 2022-04-20 05:31:44 status_changed: 2022-04-20 05:31:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Moh Slamet Sutrimo, NIM. 17106000047 title: PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT UNTUK MEMFASILITASI LITERASI NUMERASI SISWA SMP/MTs ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Modul Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual, Literasi Numerasi, Bilangan Berpangkat. note: Pembimbing : Fina Hanifa Hidayati, M.Pd., abstract: Literasi numerasi merupakan pengetahuan dan kecakapan menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam konteks kehidupan sehari-sehari. Literasi numerasi erat kaitannya dengan pengetahuan matematika yang dipelajari dalam kurikulum sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual pada materi bilangan berpangkat untuk memfasilitasi literasi numerasi siswa SMP/MTs yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti langkah-langkah pengembangan Richey dan Klein yang terdiri dari Planing (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar penilaian produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual pada materi bilangan berpangkat untuk memfasilitasi literasi numerasi siswa SMP/MTs telah memenuhi kriteria valid. Hal tersebut didasarkan pada penilaian oleh dua validator ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian menunjukan nilai rata-rata akhir validitas produk sebesar 0,81 dan termasuk dalam kriteria tinggi. date: 2022 date_type: published pages: 199 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiah dam Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Moh Slamet Sutrimo, NIM. 17106000047 (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT UNTUK MEMFASILITASI LITERASI NUMERASI SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50640/1/17106000047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50640/2/17106000047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf