%0 Thesis %9 Skripsi %A Nur Wahyuni, NIM. 17104080014 %B Fakultas Tarbiah dam Keguruan %D 2022 %F digilib:50647 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Latar belakang penelitian ini berawal dari dunia pendidikan yang mengalami perubahan akibat adanya virus covid-19. Keadaan yang menuntut siswa untuk belajar secara daring menimbulkan berbagai permasalah baru salah satunya adalah minat belajar siswa. Dikarenakan pembelajaran dilaksanakan secara daring maka orang tua dituntut untuk menndampingi siswa dalam proses belajarnya. Permasalahan yang dikaji adalah: (1) ada atau tidaknya pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa kelas V pada Masa Pandemi Covid-19 di SDIT Darul Muhibbin Klaten Tahun Ajaran 2020/2021, (2) seberapa besar pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa kelas V pada masa pandemi covid-19 di SDIT Darul Muhibbin Klaten tahun ajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya dan seberapa besar pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa kelas V pada Masa Pandemi Covid-19 di SDIT Darul Muhibbin Klaten Tahun Ajaran 2020/2021. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Jenis kuantitatif yang digunakan adalah kuantitatif survei dimana peneliti menggunakan pertanyaan yang sistematis kepada responden. Variabel yang diteliti yaitu lingkungan keluarga sebagai variabel bebas dan minat belajar sebagai variabel terikat. Populasi dan sampel terdiri dari seluruh siswa kelas V SDIT Darul Muhibbin yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa kelas V pada masa pandemi covid-19 ini. Koefisien korelasi antara variabel X terhadap Variabel Y sebesar 0,573 menunjukkan bahwa nilai %P 110 %T PENGARUH ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDIT DARUL MUHIBBIN KLATEN TAHUN AJARAN 2020/2021 SKRIPSI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50647/ %X Latar belakang penelitian ini berawal dari dunia pendidikan yang mengalami perubahan akibat adanya virus covid-19. Keadaan yang menuntut siswa untuk belajar secara daring menimbulkan berbagai permasalah baru salah satunya adalah minat belajar siswa. Dikarenakan pembelajaran dilaksanakan secara daring maka orang tua dituntut untuk menndampingi siswa dalam proses belajarnya. Permasalahan yang dikaji adalah: (1) ada atau tidaknya pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa kelas V pada Masa Pandemi Covid-19 di SDIT Darul Muhibbin Klaten Tahun Ajaran 2020/2021, (2) seberapa besar pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa kelas V pada masa pandemi covid-19 di SDIT Darul Muhibbin Klaten tahun ajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya dan seberapa besar pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa kelas V pada Masa Pandemi Covid-19 di SDIT Darul Muhibbin Klaten Tahun Ajaran 2020/2021. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Jenis kuantitatif yang digunakan adalah kuantitatif survei dimana peneliti menggunakan pertanyaan yang sistematis kepada responden. Variabel yang diteliti yaitu lingkungan keluarga sebagai variabel bebas dan minat belajar sebagai variabel terikat. Populasi dan sampel terdiri dari seluruh siswa kelas V SDIT Darul Muhibbin yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa kelas V pada masa pandemi covid-19 ini. Koefisien korelasi antara variabel X terhadap Variabel Y sebesar 0,573 menunjukkan bahwa nilai %Z Pembimbing : Dr. Sedya Santoso, M. Ag.,