relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50672/
title: PERBANDINGAN PEMIKIRAN ABDULLAH SAEED  DAN OLFA YOUSSEF TENTANG PENAFSIRAN  KONTEKSTUAL AYAT ETIKA-HUKUM  DALAM AL-QUR’AN
creator: Mayadina Rohmi Musfiroh, NIM.: 17300016057
subject: Tafsir Al-Qur'an
subject: Islam dan Pemikiran
description: Kajian mengenai ayat etika-hukum (ethico-legal text) dalam Al-  Qur’an tergolong problematis mulai dari definisi, kategori, interpretasi  serta relevansi dengan situasi dan kondisi saat ini. Perbedaan definisi  ayat etika-hukum berimplikasi tidak saja pada perbedaan bilangan  ayat etika-hukum oleh para ulama klasik dan kontemporer, namun  juga berdampak pada cara memperlakukan teks serta keberlakukan  teks secara universal atau kontekstual. Penelitian ini mengkaji  perbandingan pemikiran kontekstualis Saeed dan Olfa mengenai ayat  etika-hukum.  Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: pertama,  bagaimana perbandingan konteks yang melatarbelakangi pemikiran  Abdullah Saeed dan Olfa Youssef mengenai penafsiran kontekstual  ayat etika-hukum dalam Al-Qur’an; kedua, bagaimana perbandingan  konstruksi penafsiran ayat etika-hukum yang mencakup prinsip,  metode, sumber dan aplikasi penafsiran Saeed dan Olfa ditinjau dari  perspektif hermeneutika Gadamer; ketiga, bagaimana aplikasi  interpretasi kontekstual ayat etika-hukum Saeed dan Olfa; dan  keempat, bagaimana relevansi penafsiran kontekstual ayat etikahukum  bagi pengembangan metodologi hukum Islam Indonesia.  Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data secara  kualitatif (qualitative research), mengacu pada data kepustakaan  (library research) dengan teknik analisis data secara deskriptif,  analitis, interpretif dan komparatif-kontras (compare and contrast),  dengan menerapkan pendekatan hermeneutik.  Penelitian ini menghasilkan empat temuan. Pertama, Interpretasi  kontekstual ayat etika-hukum Abdullah Saeed dan Olfa Youssef  memiliki titik temu sekaligus titik pembeda. Konteks yang sama  adalah: keprihatinan maraknya pendekatan tekstualis yang terlalu  terpaku pada aspek linguistik; intensi untuk membuka wawasan dan  kesadaran tentang pluralitas-kemajemukan makna dan menyajikan  interpretasi yang sesuai-mendekati substansi ajaran Al-Qur’an.  Bedanya, Saeed lebih dilatarbelakangi oleh intensi menciptakan  pengajaran Al-Qur'an yang relevan bagi kebutuhan umat serta  memilah batasan tentang ayat universal dan kontekstual. Sedangkan  Olfa lebih didorong oleh intensi membuka pemikiran kritis terhadap  teachings of the Qur’an that are relevant to the needs of the people and  to sort out the boundaries of universal and contextual verses, while,  Olfa was more driven by the intention to open critical thinking towards  religious dogma to avoid the trap of narrow-minded fundamentalism  and to present interpretations of the Qur’an with different approaches,  such as linguistic analysis, gender analysis, and psychoanalysis.  Second, the construction of contextual interpretation of the ethicolegal  texts of Saeed and Olfa, as seen through Gadamer’s effective  historical approach, is influenced by tradition, culture, life experience,  socio-political situation, and influential figures, which thus produces  contextual interpretation products on the themes discussed. The  similarity between Saeed and Olfa lies in the principles of  interpretation used, especially in the recognition of the plurality and  complexity of meanings, human rights approaches and the objectives  of sharia (maqāṣid syarī’ah). The difference between the two lies in  the methodological-contextual framework and value hierarchy created  by Saeed. Meanwhile, Olfa mostly wrote interpretation applications in  specific themes related to gender relations and women’s issues with  linguistic and psychoanalytic approaches. The psychoanalytic  approach can serve to dismantle the subconscious structure of the textinterpreter  compiler. Third, the application of Saeed and Olfa’s  contextual interpretation of the ethico-legal texts of the Qur’an  indicates the evolution of the product of interpretation. Evolution  occurs because of awareness of the evolving context, situation,  condition, and capacity of the interpreter. Fourth, the contextual  interpretation of the ethico-legal texts is very relevant for the  development of the construction of contemporary Indonesian Islamic  law methodology in three aspects: methodological, legal material  discovery, and legislation strategy. Contextual interpretation can serve  as a cultural strategy for the community in providing moderate,  tolerant, and transformative religious alternatives.
date: 2022-03-01
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50672/1/17300016057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50672/2/17300016057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   Mayadina Rohmi Musfiroh, NIM.: 17300016057  (2022) PERBANDINGAN PEMIKIRAN ABDULLAH SAEED DAN OLFA YOUSSEF TENTANG PENAFSIRAN KONTEKSTUAL AYAT ETIKA-HUKUM DALAM AL-QUR’AN.  Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.