<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERBANDINGAN PEMIKIRAN ABDULLAH SAEED\r\nDAN OLFA YOUSSEF TENTANG PENAFSIRAN\r\nKONTEKSTUAL AYAT ETIKA-HUKUM\r\nDALAM AL-QUR’AN"^^ . "Kajian mengenai ayat etika-hukum (ethico-legal text) dalam Al-\r\nQur’an tergolong problematis mulai dari definisi, kategori, interpretasi\r\nserta relevansi dengan situasi dan kondisi saat ini. Perbedaan definisi\r\nayat etika-hukum berimplikasi tidak saja pada perbedaan bilangan\r\nayat etika-hukum oleh para ulama klasik dan kontemporer, namun\r\njuga berdampak pada cara memperlakukan teks serta keberlakukan\r\nteks secara universal atau kontekstual. Penelitian ini mengkaji\r\nperbandingan pemikiran kontekstualis Saeed dan Olfa mengenai ayat\r\netika-hukum.\r\nPermasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: pertama,\r\nbagaimana perbandingan konteks yang melatarbelakangi pemikiran\r\nAbdullah Saeed dan Olfa Youssef mengenai penafsiran kontekstual\r\nayat etika-hukum dalam Al-Qur’an; kedua, bagaimana perbandingan\r\nkonstruksi penafsiran ayat etika-hukum yang mencakup prinsip,\r\nmetode, sumber dan aplikasi penafsiran Saeed dan Olfa ditinjau dari\r\nperspektif hermeneutika Gadamer; ketiga, bagaimana aplikasi\r\ninterpretasi kontekstual ayat etika-hukum Saeed dan Olfa; dan\r\nkeempat, bagaimana relevansi penafsiran kontekstual ayat etikahukum\r\nbagi pengembangan metodologi hukum Islam Indonesia.\r\nPenelitian ini menggunakan metode pengambilan data secara\r\nkualitatif (qualitative research), mengacu pada data kepustakaan\r\n(library research) dengan teknik analisis data secara deskriptif,\r\nanalitis, interpretif dan komparatif-kontras (compare and contrast),\r\ndengan menerapkan pendekatan hermeneutik.\r\nPenelitian ini menghasilkan empat temuan. Pertama, Interpretasi\r\nkontekstual ayat etika-hukum Abdullah Saeed dan Olfa Youssef\r\nmemiliki titik temu sekaligus titik pembeda. Konteks yang sama\r\nadalah: keprihatinan maraknya pendekatan tekstualis yang terlalu\r\nterpaku pada aspek linguistik; intensi untuk membuka wawasan dan\r\nkesadaran tentang pluralitas-kemajemukan makna dan menyajikan\r\ninterpretasi yang sesuai-mendekati substansi ajaran Al-Qur’an.\r\nBedanya, Saeed lebih dilatarbelakangi oleh intensi menciptakan\r\npengajaran Al-Qur'an yang relevan bagi kebutuhan umat serta\r\nmemilah batasan tentang ayat universal dan kontekstual. Sedangkan\r\nOlfa lebih didorong oleh intensi membuka pemikiran kritis terhadap\r\nteachings of the Qur’an that are relevant to the needs of the people and\r\nto sort out the boundaries of universal and contextual verses, while,\r\nOlfa was more driven by the intention to open critical thinking towards\r\nreligious dogma to avoid the trap of narrow-minded fundamentalism\r\nand to present interpretations of the Qur’an with different approaches,\r\nsuch as linguistic analysis, gender analysis, and psychoanalysis.\r\nSecond, the construction of contextual interpretation of the ethicolegal\r\ntexts of Saeed and Olfa, as seen through Gadamer’s effective\r\nhistorical approach, is influenced by tradition, culture, life experience,\r\nsocio-political situation, and influential figures, which thus produces\r\ncontextual interpretation products on the themes discussed. The\r\nsimilarity between Saeed and Olfa lies in the principles of\r\ninterpretation used, especially in the recognition of the plurality and\r\ncomplexity of meanings, human rights approaches and the objectives\r\nof sharia (maqāṣid syarī’ah). The difference between the two lies in\r\nthe methodological-contextual framework and value hierarchy created\r\nby Saeed. Meanwhile, Olfa mostly wrote interpretation applications in\r\nspecific themes related to gender relations and women’s issues with\r\nlinguistic and psychoanalytic approaches. The psychoanalytic\r\napproach can serve to dismantle the subconscious structure of the textinterpreter\r\ncompiler. Third, the application of Saeed and Olfa’s\r\ncontextual interpretation of the ethico-legal texts of the Qur’an\r\nindicates the evolution of the product of interpretation. Evolution\r\noccurs because of awareness of the evolving context, situation,\r\ncondition, and capacity of the interpreter. Fourth, the contextual\r\ninterpretation of the ethico-legal texts is very relevant for the\r\ndevelopment of the construction of contemporary Indonesian Islamic\r\nlaw methodology in three aspects: methodological, legal material\r\ndiscovery, and legislation strategy. Contextual interpretation can serve\r\nas a cultural strategy for the community in providing moderate,\r\ntolerant, and transformative religious alternatives."^^ . "2022-03-01" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 17300016057"^^ . "Mayadina Rohmi Musfiroh"^^ . "NIM.: 17300016057 Mayadina Rohmi Musfiroh"^^ . . . . . . "PERBANDINGAN PEMIKIRAN ABDULLAH SAEED\r\nDAN OLFA YOUSSEF TENTANG PENAFSIRAN\r\nKONTEKSTUAL AYAT ETIKA-HUKUM\r\nDALAM AL-QUR’AN (Text)"^^ . . . "17300016057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PERBANDINGAN PEMIKIRAN ABDULLAH SAEED\r\nDAN OLFA YOUSSEF TENTANG PENAFSIRAN\r\nKONTEKSTUAL AYAT ETIKA-HUKUM\r\nDALAM AL-QUR’AN (Text)"^^ . . . "PERBANDINGAN PEMIKIRAN ABDULLAH SAEED\r\nDAN OLFA YOUSSEF TENTANG PENAFSIRAN\r\nKONTEKSTUAL AYAT ETIKA-HUKUM\r\nDALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "PERBANDINGAN PEMIKIRAN ABDULLAH SAEED\r\nDAN OLFA YOUSSEF TENTANG PENAFSIRAN\r\nKONTEKSTUAL AYAT ETIKA-HUKUM\r\nDALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "PERBANDINGAN PEMIKIRAN ABDULLAH SAEED\r\nDAN OLFA YOUSSEF TENTANG PENAFSIRAN\r\nKONTEKSTUAL AYAT ETIKA-HUKUM\r\nDALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "PERBANDINGAN PEMIKIRAN ABDULLAH SAEED\r\nDAN OLFA YOUSSEF TENTANG PENAFSIRAN\r\nKONTEKSTUAL AYAT ETIKA-HUKUM\r\nDALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "PERBANDINGAN PEMIKIRAN ABDULLAH SAEED\r\nDAN OLFA YOUSSEF TENTANG PENAFSIRAN\r\nKONTEKSTUAL AYAT ETIKA-HUKUM\r\nDALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBANDINGAN PEMIKIRAN ABDULLAH SAEED\r\nDAN OLFA YOUSSEF TENTANG PENAFSIRAN\r\nKONTEKSTUAL AYAT ETIKA-HUKUM\r\nDALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBANDINGAN PEMIKIRAN ABDULLAH SAEED\r\nDAN OLFA YOUSSEF TENTANG PENAFSIRAN\r\nKONTEKSTUAL AYAT ETIKA-HUKUM\r\nDALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBANDINGAN PEMIKIRAN ABDULLAH SAEED\r\nDAN OLFA YOUSSEF TENTANG PENAFSIRAN\r\nKONTEKSTUAL AYAT ETIKA-HUKUM\r\nDALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #50672 \n\nPERBANDINGAN PEMIKIRAN ABDULLAH SAEED \nDAN OLFA YOUSSEF TENTANG PENAFSIRAN \nKONTEKSTUAL AYAT ETIKA-HUKUM \nDALAM AL-QUR’AN\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Al-Qur'an" . . . "Islam dan Pemikiran" . .