@phdthesis{digilib50676, title = {PENGARUH KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MA?HAD ALY AL-TARMASI PONDOK TREMAS PACITAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM . 17104020040 Zakiyyah Salma}, year = {2022}, note = {Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag., M.Ag.,}, keywords = {Kesiapan Belajar, Prestasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50676/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan belajar peserta didik semester 1 Tahun 2021 di Ma?had Aly Al Tarmasi Pondok Tremas Pacitan dan adakah pengaruh kesiapan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar bahasa Arab di Ma?had Aly Al Tarmasi Pondok Tremas Pacitan Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik semester 1 Tahun 2021 di Ma?had Aly Al Tarmasi Pondok Tremas Pacitan yang berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan linieritas. Uji hipotesis meliputi korelasi Product Moment dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kategori kesiapan belajar peserta didik semester 1 Tahun 2021 pada kategori sangat tinggi sebanyak 4 peserta didik (5,7\%), kategori tinggi sebanyak 23 peserta didik (32,8\%), kategori sedang sebanyak 27 peserta didik (38,6\%), kategori rendah sebanyak 13 peserta didik (18,6\%), dan kategori sangat rendah sebanyak 3 peserta didik (4,3\%); 2) kategori prestasi belajar peserta didik semester 1 Tahun 2021 pada kategori sangat tinggi sebanyak 3 peserta didik (4,3\%), kategori tinggi sebanyak 13 peserta didik (18,6\%), kategori sedang sebanyak 28 peserta didik (40\%), kategori rendah sebanyak 21 peserta didik (30\%), dan kategori sangat rendah sebanyak 5 peserta didik (7,1\%); 3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar peserta didik dan prestasi belajar bahasa Arab sebesar 47,6\% ditunjukkan dengan rhitung {\ensuremath{>}} rtabel (0,690 {\ensuremath{>}} 0,2352), korelasi dalam penelitian ini tergolong kuat.} }