eprintid: 50684
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 111
dir: disk0/00/05/06/84
datestamp: 2022-04-21 06:30:21
lastmod: 2022-04-21 06:30:21
status_changed: 2022-04-21 06:30:21
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Atika Maulul Azmi, NIM. 15410102
title: PELAKSANAAN PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI ASRAMA PUTRI
SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PLERET DILIHAT DARI
PERSPEKTIF KONSEP BELAJAR SOSIAL ALBERT BANDURA
ispublished: pub
subjects: P
full_text_status: restricted
keywords: Konsep Belajar Sosial, Pendidikan Akhlak
note: Pembimbing : Drs. Nur Munajat, M.Si.,
abstract: Latar belakang penelitian ini adalah dalam kehidupan bermasyarakat banyak
terjadi kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan secara otomatis berupa tingkah laku
dan tutur kata. Kebiasaan tersebut adalah hasil dari proses pendidikan secara tidak
langsung, sehingga menjadi kebiasaan dalam kehidupan bermasyarakat.. SMA
Muhammadiyah Boarding School Pleret merupakan sekolah yang mengusung
program boarding yaitu memadukan pendidikan formal dan pendidikan asrama
atau pesantren. Dalam pembelajaran kepesantrenan di asrama, siswa siswi dididik
untuk melakukan habits atau kebiasaan keagamaan yang kemudian langsung
dibimbing oleh ustadz/ustadzah. Dikorelasikan dengan konsep belajar sosial Albert
Bandura yang menjelaskan perilaku manusia dalam konteks interaksi timbal balik
yang berkesinambungan antara kognitif, perilaku dan pengaruh lingkungan.
Menurut Bandura proses mengamati, meniru perilaku dan sikap orang lain sebagai
model merupakan tindakan belajar. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk
mengkaji konsep belajar sosial Albert Bandura, (2) Untuk mengetahui bentuk
pendidikan akhlak di lingkungan asrama putri SMA MBS Pleret. (3) Untuk
menganalisis penerapan dari konsep belajar sosial Albert Bandura dalam
pendidikan akhlak di asrama putri SMA MBS Pleret.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan
mengambil data dari civitas lingkungan asrama putri SMA MBS Pleret terutama
dikhususkan santri dan ustadzah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
psikologi pendidikan yaitu membahas masalah tingkah laku dan pengalaman
seseorang, sehingga mampu diterapkan dalam proses belajar yang membawa
dampak perubahan tingkah laku. Pengumpulan data dengan metode wawancara,
observasi, dan dokumentasi.
Hasil Penelitian ini menunjukkan : Penerapan Konsep Belajar Sosial Albert
Bandura Dalam Pendidikan Akhlak di Asrama Putri SMA MBS Pleret dijelaskan
dalam 3 poin penting yaitu Pertama, Modelling/peniruan dalam hal ini bentuk
penerapan berupa ustadz/zah menjadi public figur santri. Kedua, Hubungan santri
dengan lingkungan dalam hal ini bentuk penerapan berupa habits lingkungan santri
yang menunjang santri untuk tetap bisa saling menerbar energi positif. Ketiga, Hasil
pembelajaran berupa perilaku visual dan verbal bentuk penerapan berupa buku
mutabaah yaitu sebagai sarana mengetahui perkembangan siswa dalam
mempraktikan ilmu yang sudah disampaikan.
date: 2022
date_type: published
pages: 146
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: Fakultas  Tarbiyah dan Keguruan
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Atika Maulul Azmi, NIM. 15410102  (2022) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI ASRAMA PUTRI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PLERET DILIHAT DARI PERSPEKTIF KONSEP BELAJAR SOSIAL ALBERT BANDURA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50684/1/15410102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50684/2/15410102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf