<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH MEDIA TIKTOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI\r\nBELAJAR DAN PEMAHAMAN QAWA’ID DI MADRASAH SALAFIYAH\r\nI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA"^^ . "Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar\r\nserta kurangnya pencapaian peserta didik dari nilai standar minimum placementtest\r\nmadrasah diniyah walaupun telah mempelajari materi qawā’id di pesantren\r\nsebelumnya. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan media TikTok dalam proses\r\npembelajaran qawā’id dengan tujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana proses\r\npenerapan media TikTok dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman\r\nqawa’id. 2) Mengetahui berapa besar pengaruh penerapan media TikTok\r\nterhadap motivasi belajar dan pemahaman qawā’id peserta didik. 3) Mengetahui\r\npengaruh secara signifikan pada peningkatan motivasi belajar dan pemahaman\r\nqawa’id menggunakan media TikTok antara kelas eksperimen dan kelas kontrol\r\ndi madrasah Salafiyah I.\r\nPenelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pendekatan\r\nkuantitatif. Subyek penelitian ini yaitu santri baru madrasah Salafiyah I tahun\r\najaran 2020/2021 yang terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen.\r\nPengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, instrumen\r\npenelitian berupa kuisioner dan soal, dan dokumentasi. Proses analisis data\r\nmenggunakan uji paired sample t-test, independent sample t-test dengan uji\r\nprasyarat uji normalitas serta uji homogenitas dilanjutkan analisis data uji manova\r\n(Multivariate Analysis of Variance) dengan bantuan SPSS 25.\r\nHasil dari penelitian menyatakan bahwa: 1) Penerapan media TikTok oleh\r\npeserta didik dengan cara mengakses link yang telah diberikan kemudian\r\nmemahami dan menelaah materi sesuai dengan konten secara sederhana. 2) Tidak\r\nada perbedaan secara signifikan pada motivasi belajar antara kelas kontrol dan\r\nkelas eksperimen berdasarkan hasil independent sample t-test sebesar 0,312 >\r\n0,05, berarti Ho diterima. Sedangkan pemahaman qawā’id memiliki nilai\r\nsignifikasi 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan memiliki perbedaan yang\r\nsignifikan. 3) Media TikTok tidak berpengaruh pada motivasi belajar dibuktikan\r\npada analisis uji manova Tests Of Between-Subjects effects pada kolom media\r\ndengan nilai signifikasi 0,312 > 0,05 dan berpengaruh pada pemahaman qawā’id\r\ndengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, aplikasi\r\nTikTok perlu dikembangkan untuk mampu bersaing dan memberikan dampak\r\ndalam bidang pembelajaran. Pembelajaran bahasa Arab dalam aplikasi TikTok\r\nbelum mencakup materi yang sistematis oleh creator, cenderung apa adanya, dan\r\ntampilan tidak menarik."^^ . "2022" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 18104020037"^^ . "Nikmatus Sangadah"^^ . "NIM.: 18104020037 Nikmatus Sangadah"^^ . . . . . . "PENGARUH MEDIA TIKTOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI\r\nBELAJAR DAN PEMAHAMAN QAWA’ID DI MADRASAH SALAFIYAH\r\nI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "18104020037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGARUH MEDIA TIKTOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI\r\nBELAJAR DAN PEMAHAMAN QAWA’ID DI MADRASAH SALAFIYAH\r\nI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "PENGARUH MEDIA TIKTOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI\r\nBELAJAR DAN PEMAHAMAN QAWA’ID DI MADRASAH SALAFIYAH\r\nI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH MEDIA TIKTOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI\r\nBELAJAR DAN PEMAHAMAN QAWA’ID DI MADRASAH SALAFIYAH\r\nI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH MEDIA TIKTOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI\r\nBELAJAR DAN PEMAHAMAN QAWA’ID DI MADRASAH SALAFIYAH\r\nI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH MEDIA TIKTOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI\r\nBELAJAR DAN PEMAHAMAN QAWA’ID DI MADRASAH SALAFIYAH\r\nI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH MEDIA TIKTOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI\r\nBELAJAR DAN PEMAHAMAN QAWA’ID DI MADRASAH SALAFIYAH\r\nI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MEDIA TIKTOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI\r\nBELAJAR DAN PEMAHAMAN QAWA’ID DI MADRASAH SALAFIYAH\r\nI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MEDIA TIKTOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI\r\nBELAJAR DAN PEMAHAMAN QAWA’ID DI MADRASAH SALAFIYAH\r\nI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MEDIA TIKTOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI\r\nBELAJAR DAN PEMAHAMAN QAWA’ID DI MADRASAH SALAFIYAH\r\nI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #50686 \n\nPENGARUH MEDIA TIKTOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI \nBELAJAR DAN PEMAHAMAN QAWA’ID DI MADRASAH SALAFIYAH \nI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-MUNAWWIR KRAPYAK \nYOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Motivasi" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .