%A AZIZ - NIM. 05240027 %O Pembimbing: 1. Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si. 2. Siti Julaiha, S.Ag., M.Pd. %T MANAJEMEN PENYELENGGARAAN BIMBINGAN DAN PELAYANAN KEROHANIAN ISLAM DI KANTOR WILAYAH DITJEN PAJAK DIY %X Dalam penyelenggaraan pelayanan kerohanian di Kantor Wilayah Ditjen Pajak Yogyakarta menurut peneliti pelayanan yang ada di Kanwil ini berbeda dengan pelayanan yang di kantor-kantor perpajakan lain yang mempunyai pelayanan kerohanian. Maka dengan hal tersebut peneliti merasa tertarik untuk meneliti, karena dalam kesibukan sehari-hari karyawan untuk berkerja mencari kehidupan duniawi mereka masih meluangkan waktu mereka untuk mempelajari atau melaksanakan kegiatan keagamaan dan kegiatan sosil lainnya. Di Kanwil Dirjen Pajak yang memiliki pelayanan kerohanian dan visi, misi secara Islami, dalam pelayanan ini diperlukan suatu pimpinan yang mampu mengerakkan karyawan atau jama'ah kesemua itu diperlukan suatu manajemen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan fungsi manajemen terhadap pelayanan kerohanian yang ada di Kanwil Dirjen Pajak. Penelitian ini menggunakan studi lapangan dalam pengumpulan data. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan; manajemen penyelenggaraan bimbingan dan pelayanan kerohanian Islam di kanwil dirjen pajak, pada bagian pelayana kerohanian. Hanya saja masih ada item-item yang belum terlaksanakan. Usaha dalam pelayanan kerohanian ini berjalan secara alamiah karena selalu bergerak atau yang dibutuhkan karyawan. %K manajemen, Bimbingan dan Pelayanan Kerohanian Islam, Ditjen Pajak DIY %D 2010 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib5077