TY - THES N1 - Pembibing : Agus Mulyanto, S.Si, M.Kom., ID - digilib50808 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50808/ A1 - Muhammad Fauzi Robbani, NIM. 15650004 Y1 - 2022/// N2 - Desa Giritirto, Purwosari, Gunung Kidul Giritirto, Purwosari, Gunung Kidul Giritirto, Purwosari, Gunung KidulGiritirto, Purwosari, Gunung Kidul Giritirto, Purwosari, Gunung Kidul Giritirto, Purwosari, Gunung KidulGiritirto, Purwosari, Gunung Kidul Giritirto, Purwosari, Gunung Kidul Giritirto, Purwosari, Gunung Kidul memiliki sumber mata air yang digunakan oleh seluruh warga. Pengelolaan penggunaan air disini masih menggunakan cara manual dimana setiap bulannya petugas akan mencatat secara manual pembayaran air dari warga. Namun dengan cara manual ini menyebabkan kurang efisiannya laporan dan penyimpanan data pembayaran. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem informasi WEB dan aplikasi android pembayaran air yang bertujuan untuk mempermudah petugas air mengelola pembayaran dan pengelolaan data pembayaran air di desa Giritirto, Purwosari, Gunung Giritirto, Purwosari, Gunung Giritirto, Purwosari, Gunung Giritirto, Purwosari, Gunung Giritirto, Purwosari, Gunung Giritirto, Purwosari, Gunung Kidul. Rancang Bangun Sistem Pembayaran Air Menggunakan Extreme Programing. Metode ini dikembangkan dengan tujuan untuk mempermudah komunikasi dengan pengurus, masyarakat dan petugas air, dbutuhkan adaptasi yang cepat dalam perubahan-perubahan yang terjadi selama pengembangan. Tahapan Tahapan Tahapan Tahapan Tahapan Tahapan pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, pengembangan perangkat lunak dengan extreme programming meliputi: planning, design, coding, dan testing. design, coding, dan testing. design, coding, dan testing.design, coding, dan testing. design, coding, dan testing. design, coding, dan testing. design, coding, dan testing. Hasil dari penelitian ini Hasil dari penelitian ini Hasil dari penelitian ini Hasil dari penelitian ini Hasil dari penelitian ini Hasil dari penelitian ini Hasil dari penelitian ini Hasil dari penelitian ini Hasil dari penelitian ini Hasil dari penelitian ini Hasil dari penelitian ini Hasil dari penelitian ini Hasil dari penelitian ini adalah membangun sistem informasi yang yang mampu mempermudah mampu mempermudahmampu mempermudah mampu mempermudah mampu mempermudah pengurus air dalam mengelola data pembayaran, petugas keiling melayani pembayaran dan masyarakat melihat tagihan pembayaran air. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Sistem Informasi Pembayaran Air KW - Extreme Programming KW - Berbasis Web KW - Laravel KW - Sistem Informasi. M1 - skripsi TI - RANCANG BANGUN SISTEM PEMBAYARAN AIR MENGGUNAKAN EXTREME PROGRAMMING AV - restricted EP - 196 ER -