eprintid: 50853 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/08/53 datestamp: 2022-04-27 06:38:53 lastmod: 2022-04-27 06:38:53 status_changed: 2022-04-27 06:38:53 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Muh Nasir, NIM.: 15490100 title: MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P subjects: manj_pend divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: manajemen kelas; guru; pembelajaran; keaktifan belajar note: Pembimbing: Dr Imam Machali, M.Pd. abstract: Latar Belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti untuk mengetahui permasalahan yang ada di sekolah, yaitu seorang guru Pendidikan Agama Islam yang mengajar 4 rombel di kelas 5. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di kelas V SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskripitif yang berlatar belakang SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan beberapa siswa kelas V. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Serta teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan Hasil dari penelitian ini menunjukan (1) manajemen kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar terdiri dari pengendalian tingkah laku, pengaturan kedisiplinan, pengaturan minat /perhatian, dan pengaturan dinamika kelompok. (2) pendekatan manajemen kelas terdiri dari pendekatan kekuasaan, pendekatan ancaman, pendekatan kebebasan, dan pendekatan kerja kelompok. (3) faktor pendukung terdiri dari peran orang tua yang mendukung, antusias siswa yang tinngi, terjaganya kebersihan kelas, sarana kelas yang memadai, penerangan dan ventilasi yang cukup. Kemudian faktor penghambat manajemen kelas terdiri dari pengetahuan guru terhadap perilaku siswa yang kurang, siswa ramai, dan media yang minim. Pembelajaran di kelas setelah diterapkan manajemen kelas adanya kenaikan keaktifan siswa mencapai kurang lebih 30%. date: 2022-11-21 date_type: published pages: 155 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muh Nasir, NIM.: 15490100 (2022) MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50853/1/15490100_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50853/2/15490100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf