@phdthesis{digilib50875, month = {March}, title = {UPAYA GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR?AN SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 SLEMAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18104010010 Aldi Wijaya Dalimunthe}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A.}, keywords = {guru; tahfidz Al-Qur?an; kemampuan menghafal}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50875/}, abstract = {Menghafal Al-Qur?an tidaklah semudah apa yang dipikirkan, dalam menghafal Al-Qur?an sangat berbeda seperti menghafal buku, teori dan lain sebagainya karena untuk mencapai titik menghafal Al-Qur?an seseorang harus mempelajari cara membaca dan pengucapan Al-Qur?an dengan baik. Program tahfidz Al-Quran di MTsN 6 Sleman ini menjadi magnet terhadap berbagai kalangan seperti sekolah-sekolah lain yang berada di Sleman dan bahkan di luar kota untuk berkunjung dan berbagi ilmu tentang program tahfidz karena dilihat dari prestasi serta pencapaian target hafalan Al-Qur?annya. Namun hal ini tidak terlepas dari sosok seorang guru yang kedudukannya sebagai orang tua kita di dalam lingkungan sekolah sangat dibutuhkan dalam proses penghafalan Al-Qur?an karena guru yang akan membimbing, memotivasi serta membenarkan bacaan Al-Qur?an yang akan dihafal, mulai dari tajwidnya, makhorijul hurufnya dan guru yang akan mengajarkan metode atau cara menghafal dengan mudah. Namun dalam hal ini seorang guru tidaklah mudah dalam membimbing hafalan peserta didiknya, tentu guru harus memiliki cara, strategi, dan upaya tersendiri untuk mengajarkannya kepada siswanya agar siswanya mudah untuk menerima apa yang disampaikan oleh guru tersebut. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana upaya guru tahfidz dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur?an siswa kelas IX di MTsN 6 Sleman dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru tahfidz dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur?an siswa kelas IX MTsN 6 Sleman terdapat sebagai berikut: 1), Penguatan tim guru tahfidz, 2), memotivasi siswa, 3), membimbing para siswa untuk tetap muraja?ah, 4), menggunakan metode yang bervariasi. Terdapat beberapa faktor pendukung sebagai berikut: : 1), solidnya tim dalam program tahfidz, 2), Apresiasi dari Kementerian Agama, 3), dukungan dari orang tua, 4), Alokasi waktu yang cukup. Dan Terdapat faktor penghambatnya sebagai berikut: 1), pandemic Covid-19, 2), cuaca yang tidak stabil, 3), Bacaan Al-Qur?an siswa yang kurang baik, 4), Motivasi siswa yang naik nurun, 5), Kondisi guru yang dapat menganggu kegiatan belajar mengajar seperti sakit atau terkena musibah.} }