eprintid: 50877 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/08/77 datestamp: 2022-04-28 02:46:33 lastmod: 2022-04-28 02:46:33 status_changed: 2022-04-28 02:46:33 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Siti Chairun Nisyah, NIM.: 17104020048 title: ANALISIS KREATIVITAS GURU BAHASA ARAB PADA PEMBELAJARAN DARING DITENGAH PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS XI TAHUN AJARAN 2020-2021 (STUDI KASUS DI MA NUR IMAN MLANGI YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: ev_pend subjects: met_pemb subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Kreativitas Guru Bahasa Arab, Minat Belajar, Pembelajaran Daring note: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, M.Ag. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kreativitas guru bahasa Arab dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI MA Nur Iman Mlangi Yogyakarta, untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap kreativitas yang diberikan saat pembelajaran daring bahasa Arab, dan untuk mengetahui peran sekolah dalam mendukung kreativitas guru. Penelitian ini merupakan penelitian observasi non partisipan yang dilakukan di MA Nur Iman Mlangi, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 4 metode yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. subyek penelitiannya adalah guru bahasa Arab, Siswa, Kepala Madrasah dan Karyawan, Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, analisa data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam merencanakan proses pembelajaran daring untuk menumbuhkan minat belajar siswa dibutuhkan perencanaan mulai dari sebelum pelaksanaan sampai materi itu tersampaikan. Guru di MA Nur Iman Mlangi mengembangkan kreativitasnya dengan cara mengembangkan media pembelajaran yang menarik seperti memberikan video pembelajaran yang sudah dibuat oleh guru kemudian siswa menulis apa yang didengar dari video tersebut lalu mempresentasikannya. Kemudian, Strategi pembelajaran yang digunakan guru bahasa Arab di MA Nur Iman Mlangi lebih memilih menggunakan strategi pembelajaran berbasis inquiri dan strategi CTL, dalam pemakaian metode yaitu dengan mengaplikasikan beberapa metode diskusi online dan tanyanjawab antar kelompok. Untuk minat belajar siswa kelas XI MA Nur Iman Mlangi dalam pembelajaran daring bahasa Arab ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar mereka tinggi ditunjukkan dari hasil kuesioner yang mengatakan bahwa mereka merasa senang dengan metode pembelajaran yang digunakan dan mereka selalu mengikuti proses pembelajaran daring dari awal hingga akhir. Adapun peran sekolah dalam mendukung kreativitas guru bahasa Arab di sekolah yaitu Mengadakan rapat dinas dengan semua guru untuk memberi arahan kepada guru agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin dan selalu mengevaluasi kinerja guru untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran. Mengirim guru-guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), workshop pembelajaran berbasis IT, seminar, pelatihan kurikulum 2013, penyusunan perangkat mengajar. Serta Menyediakan alat peraga, sarana dan prasarana yang baik untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran. date: 2022-01-27 date_type: published pages: 98 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Siti Chairun Nisyah, NIM.: 17104020048 (2022) ANALISIS KREATIVITAS GURU BAHASA ARAB PADA PEMBELAJARAN DARING DITENGAH PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS XI TAHUN AJARAN 2020-2021 (STUDI KASUS DI MA NUR IMAN MLANGI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50877/1/17104020048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50877/2/17104020048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf