%A NIM.: 16490036 Muhammad Ifan Nur Afuddin %O Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati. M.Ag %T INTEGRASI PENDIDIKAN PESANTREN DENGAN PENDIDIKAN SEKOLAH STUDI PADA SMP DAN PESANTREN BUMI CENDEKIA YOGYAKARTA %X Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap model pendidikan yang menggabungkan antara pendidikan pesantren dengan pendidikan sekolah. Dalam hal ini pesantren yang dikenal dengan model pendidikan tradisional dihadapkan dengan tantangan dan tuntutan zaman untuk memasukkan atau mengintegrasikan dengan model pendidikan sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sistem integrasi pendidikan pesantren dengan pendidikan sekolah di SMP dan Pesantren Yogyakarta. Penelitian ini terkait dengan integrasi pendidikan pesantren dengan pendidikan sekolah, penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMP dan Pesantren Bumi Cendekia Yogyakarta. Subyek dari penelitian ini adalah ketua yayasan SMP dan Pesantren Bumi Cendekia Yogyakarta, kepala sekolah dan tenaga pendidik serta pengurus asrama pesantren. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisa data dilakukan dengan transcript, coding, grouping serta comparing dan constrating. Hasil penelitian menunjukkan (1) pola sistem integrasi pendidikan pesantren dengan pendidikan sekolah di SMP dan pesantren Bumi Cendekia Yogyakarta terbagi menjadi tiga yakni Konsep Visi dan Misi yang terintegrasi serta 3 Pilar Keunggulan dan 9 Nilai Bumi Cendekia Yang Terintegrasi antara pendidikan pesantren dengan pendidikan sekolah, integrasi kelembagaan, integrasi kurikulum dan pembelajaran. (2) Perencanaan Sistem Integrasi kurikulum bersifat partisipatif yakni melibatkan seluruh pihak steak holder dan yang dilakukan dengan adanya workshop kurikulum dan juga adanya rapat kerja yang diadakan pada awal tahun pelajaran dengan melibatkan guru di setiap mata pelajaran, serta adanya pembagian berdasarkan empat klaster yakni pesamtren (bayani) matematika, bahasa inggris dan pendidikan karakter (3) Pelaksanaan Sistem integrasi terbagi menjadi tiga yakni meliputi materi dan alokasi waktu, pembelajaran, kegiatan diluar jam pembelajaran. (4) Evaluasi sistem integrasi dilakukan dengan adanya supervisi secara berkala, rapat bulanan, evaluasi tengah semester. %K Pola Integrasi, Kurikulum Integrasi, Manajemen Integrasi %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib50879