eprintid: 50893 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/08/93 datestamp: 2022-04-28 04:05:23 lastmod: 2022-04-28 04:05:23 status_changed: 2022-04-28 04:05:23 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Gunawan, NIM.: 17104090019 title: STRATEGI PEMASARAN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI NGEMPLAK KLATEN ispublished: pub subjects: manj_pend subjects: sb_Pemasaran divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Inovasi Nilai, Kanvas Strategi, Skema Kerja Empat Langkah note: Pembimbing: Muhammad Qowim, S.Ag. , M.Ag abstract: Latar belakang penelitian ini berawal banyaknya penelitian yang hanya mengungkapkan proses strategi pemasaran dan persaingan promosi saja. Namun arah untuk keluar dari persaingan dalam pemasaran justru dilupakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan SDN Ngemplak Klaten dengan menggunakan perspektif Blue Ocean Strategy. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling sebagai teknik dalam proses pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dalam proses analisis data, peneliti menggunakan tahap transcript, coding, grouping, comparing and contrasting. Teknik keabsahan data yang peneliti gunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bssahwa: (1) Konsep strategi yang digunakan SDN Ngemplak Klaten dengan memanfaatkan masyarakat, playgrup dan TK sekitar SDN Ngemplak Klaten menjadi partner untuk calon murid baru merupakan inovasi nilai (Value Innovation) yang dimunculkan oleh SDN Ngemplak Klaten. Kerangka kerja yang telah di lakukan dengan melakukan reduce (penghapusan), raise (peningkatan), eliminate (pengurangan) dan create (penciptaan). (2) Hambatan kognitif muncul dengan mempertahankan apa dianggap sudah cukup baik. Hambatan sumber daya manusia yang mana di SDN Ngemplak Klaten tidak adanya guru olahraga. Rintangan ini tidak menjadi rintangan yang terlalu berpengaruh bagi SDN Ngemplak Klaten. Hambatan manajerial ini membuat SDN Ngemplak Klaten mulai banyaknya bermunculan sekolah-sekolah di Klaten yang memberikan penawaran menarik. date: 2022-01-27 date_type: published pages: 150 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Gunawan, NIM.: 17104090019 (2022) STRATEGI PEMASARAN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI NGEMPLAK KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50893/1/17104090019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50893/2/17104090019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf