eprintid: 50898 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/08/98 datestamp: 2022-04-28 04:17:37 lastmod: 2022-04-28 04:17:37 status_changed: 2022-04-28 04:17:37 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ari Setya Kusuma Ningrum, NIM.: 17106070047 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS POP UP BOOK PADA SUB MATERI BENTUK MOLEKUL KIMIA KELAS X SMA/MA ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pen_kim divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: Research and Development(R&D), Media Pembelajaran, Pop Up Book, Bentuk Molekul Kimia note: Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, S.Pd.Si., M.Sc abstract: Kimia merupakan salah satu mata pelajaran dengan konsep materi yang asbtrak sehingga siswa kesulitan untuk memahami. Penyampaian materi dengan metode ceramah dan tidak menggunakan media yang dapat menggambarkan materi dengan baik cenderung menyebabkan siswa jenuh dengan pembelajaran tersebut. Perlu adanya sebuah media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk memahami materi kimia yang asbtrak khususnya adalah materi bentuk molekul kimia sehingga siswa mendapatkan penggambaran secara kongkret perihal bentuk molekul kimia. Penelitian ini bertujuan unutk mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis pop up book pada sub materi bentuk molekul kimia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D (four-D model). Tahapan model 4D meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun penelitian ini hanya dibatasi pada tahap Develop. Produk yang dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing, kemudian produk divalidasi oleh satu dosen ahli materi dan satu dosen ahli media, serta mendapatkan saran dan masukan dari tiga peer reviewer, kemudian produk dinilai oleh empat guru kimia SMA/MA dan mendapatkan respon dari sepuluh siswa. Hasil validasi dari dosen ahli materi menunjukkan bahwa kualitas media yang dikembangkan termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan presentase 92%, sedangkan validasi dari dosen ahli materi mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan presentase 94%. Penilaian dari guru SMA/MA mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan presentase 92,5% dan direson positif oleh siswa dengan prsentase 94%. Oleh karena itu media pembelajaran kimia berbasis pop up book ini dapat dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia. date: 2022-01-31 date_type: published pages: 188 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ari Setya Kusuma Ningrum, NIM.: 17106070047 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS POP UP BOOK PADA SUB MATERI BENTUK MOLEKUL KIMIA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50898/1/17106070047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50898/2/17106070047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf