@mastersthesis{digilib50921, month = {January}, title = {STUDI EVALUASI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ISMUBA (AL-ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB) di SD MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN BANTUL, YOGYAKARTA T.A 2019/2020}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17204021006 Yuliana Khusminingsih,S.Hum}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M. Si, M.Pd}, keywords = {Pembelajaran Bahasa Arab, Kurikulum, SD Muhammadiyah Banguntapan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50921/}, abstract = {Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya perhatian terhadap pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammadiyah Banguntapan dari awal hingga sekarang. Selain itu juga, perkembangan kemampuan bahasa Arab siswa siswi kelas IV, V, dan VI kurang begitu optimal sehingga, penelitian ini akan meneliti evaluasi dari implementasi pembelajaran bahasa Arab yang telah diberikan kepada siswa siswi kelas IV,V dan VI SD Muhammadiyah Banguntapan bagian keterampilan berbahasanya. Tujuan dari penelitian ini adalah adalah mengevaluasiimplementasi pembelajaran bahasa Arab ISMUBA yang telah diterapkan di SD Muhammadiyah Banguntapan Yogyakarta dengan model evaluasi kesenjangan (Discrepancy Model). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian evaluasi. Metode pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan fokus permasalahan yang ada. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Evaluasi pembelajaran bahasa Arab siswa siswi kelas IV, V, dan VI menghasilkan banyak siswa-siswi yang belum bisa membaca tulisan Arab menjadi tulisan latin. 2. Dalam keterampilan menulis, siswa-siswi masih perlu latihan menulis, karena antara kosakata yang didengarkan dengan yang ditulis terdapat perbedaan baik harakat ataupun bentuk huruf hijayyahnya, karena ada sebagian siswa-siswi yang masih iqro. Jadi, untuk saran ke depannya, metode pembelajarannya perlu dikembangkan agar siswa-siswi mempunyai keterampilan bahasa yang optimal} }