eprintid: 50930 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/09/30 datestamp: 2022-05-10 02:23:14 lastmod: 2022-05-10 02:23:14 status_changed: 2022-05-10 02:23:14 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nuril Fathiha, NIM.: 18104010007 title: KREATIVITAS GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF DI SMPN 5 KOTA BIMA ispublished: pub subjects: P subjects: kar_ divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Budi Pekerti, Pengelolaan Kelas, Kreativitas Guru PAI note: Pembimbing: Drs. H. Rofik M.Ag abstract: Latar belakang masalah dalam penelitian ini yakni sesuai dengan realita sekarang permasalahan yang sering kali dialami guru adalah pengelolaan kelas. Bahkan Djamarah menyebutkan bahwa pengelolaan kelas adalah problem yang dihadapi guru baik pemula maupun yang sudah berpengalaman sehingga aspek yang paling sering didiskusikan oleh penulis professional dan para pengajar adalah pengelolaan kelas, karena pengelolaan kelas yang efektif merupakan suatu syarat terbentuknya pengajaran yang efektif. Berdasarkan dari hasil pre-eliminary study pada hari Senin tanggal 3 Mei 2021 di SMPN 5 Kota Bima, peneliti menemukan bahwasannya kondisi peserta didik ketika guru PAI mengajar yaitu siswa ribut tapi mereka aktif, ada yang mengganggu temannya ketika belajar, ada yang ngobrol dengan temannya, ada juga siswa yang malas mengerjakan tugas, dan sebagainya. Berangkat dari hal tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Kreativitas Guru PAI dan Budi Pekerti dalam Pengelolaan Kelas yang Efektif di SMPN 5 Kota Bima”. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dimana peneliti akan mendeskripsikan berbagai kegiatan, dan kejadian, sikap serta pemikiran seseorang. Dengan subjek penelitiannya tiga orang guru PAI dan enam orang siswa sebagai informannya. Penelitian ini menggunakan dua pedekatan yakni pendekatan pedagogik untuk mengkaji masalah dalam bidang pengajaran termasuk di dalamnya pengeloaan kelas dan pendekatan psikologi untuk mengkaji prilaku siswa dan kreativitas guru yang hendak diteliti. Adapun metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yakni observasi yaitu berupa observasi non partisipan, kemudian metode wawancara berupa wawancara terstruktur, dan metode dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yakni melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu, guna mendapatkan temuan dan interpretasi data yang lebih akurat serta kredibel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Guru PAI dan Budi Pekerti di SMPN 5 Kota Bima ketika melihat suasana kelas mulai tidak kondusif seperti peserta didik ribut, mengganggu temannya, dan tidur di dalam kelas, serta peserta didik mulai merasa jenuh dan tidak fokus lagi dengan pembelajaran. Maka pendidik akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengembalikan suasana kelas agar menjadi kondusif dan efektif kembali yakni dengan melakukan aktivitas atau kegiatan yang dianggap mampu mengembalikan konsentrasi peserta didik. Faktor pendukung kreativitas guru PAI dan Budi Pekerti di SMPN 5 Kota Bima meliputi: ruangan kelas yang memadai, tersedianya bahan belajar yang memadai seperti buku paket dan LKS di perpustakaan sekolah, kepribadian pendidik yang baik ditunjukkan melalui sikapnya yang ramah dan humoris terhadap peserta didik, dan sikap peserta didik yang patuh terhadap pendidik dan peraturan sekolah. Faktor penghambat kreativitas guru PAI dan Budi Pekerti di SMPN 5 Kota Bima meliputi: kurangnya minat peserta didik untuk belajar, dan terbatas dan tidak tersedianya media LCD dan layar proyektor secara permanen di dalam kelas. date: 2022-03-15 date_type: published pages: 159 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nuril Fathiha, NIM.: 18104010007 (2022) KREATIVITAS GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF DI SMPN 5 KOTA BIMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50930/1/18104010007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50930/2/18104010007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf