%0 Thesis %9 Skripsi %A Nur Haliza Goli, NIM.: 18104010009 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:50931 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Metode Saintifik, Al-Qur’an Hadis, Madrasah Aliyah Negeri %P 135 %T PENERAPAN METODE SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI GUNUNGSITOLI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50931/ %X Pada saat ini masalah yang sedang dihadapi dunia pendidikan adalah permasalahan tentang lemahnya proses pembelajaran. Dalam pembelajaran para siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir mereka. Hal ini diikuti dengan adanya penggunaan metode dari pembelajaran yang monoton. Salah satu metode yang mampu memicu keaktifan siswa adalah metode saintifik. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Al-Qur’anَّ Hadisَّ kepadaَّ siswa di Madrasah Aliyah Gunungsitoli adalah dengan menggunakan metode saintifik. Setelah dilakukannya penerapan metode saintifik pada mata pelajaran Al-Qur’anَّ Hadis di Madrasah Aliyah Negeri Gunungsitoli siswa terlihat begitu aktif dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan penerapan metode saintifik dalam pembelajaran Al-Qur’anَّ Hadis. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Al-Qur’anَّ Hadis dan siswa kelas XI agama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Tahap analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan dari keseluruhan aspek penerapan metode saintifik dalam pembelajaran Al-Qur’anَّ Hadisَّ padaَّ siswaَّ kelasَّ XIَّ Madrasah Aliyah Negeri Gunungsitoli sudah terlaksana dan dikriteriakan sangat baik. 2) Adanya beberapa Faktor penghambat dan pendukung. Faktor Penghambat yaitu pengamatan objek metafisik, siswa yang pasif, dan guru maupun siswa belum memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Faktor Pendukung diantaranya guru memberikan kesempatan untuk melakukan pengamatan, siswa aktif dalam proses diskusi, guru menugaskan siswa mencari dan menalar informasi, guru membimbing siswa dalam membangun keberanian berargumentasi. %Z Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A.,