eprintid: 50935 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/09/35 datestamp: 2022-05-10 03:13:38 lastmod: 2022-05-10 03:13:38 status_changed: 2022-05-10 03:13:38 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Muhammad Maulana Nasihin Ainul Bahri, NIM.: 18104010072 title: HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS IX DI SMP N 2 SLEMAN ispublished: pub subjects: P subjects: kar_ divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kompetensi, Pedagogik, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam note: Pembimbing: Drs. H. Rofik, M. Ag abstract: Latar belakang penelitian ini bahwa penguasaan kompetensi pedagogik guru memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa, namun pada fakta yang terjadi siswa memiliki hasil belajar yang baik tetapi sikap siswa belum atau dikatakan kurang baik. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa. Yang menjadipermasalahan pada penelitian ini sebagai berikut: Bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI di SMP N 2 Sleman, bagaimana hasil belajar siswa kelas 9 di SMP N 2 Sleman, dan apakah ada hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP N 2 Sleman.Penelitian ini bertujuan untuk mengangkat hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMP N 2 Sleman pada tahun pelajaran 2021/ 2022. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP N 2 Sleman yang beragama Islam yang memiliki jumlah 183 anak. Pengambilan sampel mengacu pada pendapat Suharsimi Arikunto dengan pengambilan sampel 25% dari populasi yaitu 56 siswa. Peneliti menggunakan angket untuk mengumpulkan data. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliablilitas data, hasil analisis reliabilitas menunjukan koefisien reliabilitas sebesar 0, 938 dan 0,861 > R tabel ( 0,2181), dengan demikian kedua variabel dinyatakan reliabel dan valid. Olah data pada penelitian ini menggunakan korelasi product momen untuk mengetahui hubungan kedua variabel, dan hasil dari olah data didapatkan nilai signifikansi 0, 812, setelah diperoleh indeks korelasi lalu dikonsultasikan dengan r tabel 0, 2181 atau lebih besar dari 0,05 dan memiliki pengertian bahwa ada hubungan yang signifikan. Maka dengan ini disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Hasil belajar siswa SMP N 2 Sleman berada pada kategori baik, 2) Kompetensi pedagogik guru di SMP N 2 Sleman mengenai kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam masuk pada kategori cukup baik dengan nilai presentase 62,5%. 3) hasil analisis korelasi product momen di ambil kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang memiliki pengertian bahwa adanya hubungan positif antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa di SMP N 2 Sleman. date: 2022-03-22 date_type: published pages: 124 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Maulana Nasihin Ainul Bahri, NIM.: 18104010072 (2022) HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS IX DI SMP N 2 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50935/1/18104010072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50935/2/18104010072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf