<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA"^^ . "Mengetahui kesalahan siswa itu penting untuk meminimalisir terjadinya\r\nkesalahan yang sama Analisis yang peneliti gunakan adalah prosedur analisis\r\nmenggunakan Newman Error Analysis (NEA). NEA ini menganalisis kesalahan\r\nlangkah-langkah dalam menyelesaikan soal cerita menurut prosedur Newman.\r\nKesalahan tersebut tentu mempengaruhi hasil belajar siswa dan motivasi belajar\r\nsangat mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis\r\nkesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita materi SPLDV berdasarkan\r\nNewman‟s Error Analysis ditinjau dari motivasi belajarnya. Hal tersebut dilakukan\r\nkarena dalam mengerjakan soal cerita, setiap subjeknya memiliki kesalahan yang\r\nberbeda. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh tingkat usaha dalam mencapai hasil\r\nbelajar yang maksimal (motivasi belajar).\r\nPenelitian ini berjenis deskriptif-kualitatif. Teknik pemilihan subjek\r\nmenggunakan teknik purposive. Prosedur pemilihan subjek didasarkan pada hasil\r\nklasifikasi motivasi belajar dan tes tertulis siswa pada materi SPLDV. Subjek\r\npenelitian ini terdiri dari 12 siswa dengan masing-masing tiga siswa bermotivasi\r\nbelajar tinggi dan rendah, serta enam siswa bermotivasi belajar sedang pada kelas\r\nVIII D MTsN 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan\r\npenyebaran angket motivasi belajar, tes tertulis, dan wawancara. Setelah data\r\nterkumpul maka akan dipaparkan dan analisis menggunakan analisis deskriptif.\r\nHasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: (1) semua tingkatan dalam\r\nmotivasi belajar melakukan semua jenis kesalahan menurut Newman, hanya saja\r\nterdapat perbedaan pada jumlah dan penyebabnya. (2) siswa dengan motivasi belajar\r\ntinggi dan rendah paling banyak melakukan kesalahan ketrampilan proses dan\r\npenulisan jawaban (27,17%). Sedangkan siswa dengan motivasi belajar sedang paling\r\nbanyak melakukan kesalahan ketrampilan proses (28%). (3) Penyebab siswa\r\nmelakukan kesalahan dikarenakan kurangnya lingkungan yang kondusif, waktu dan\r\npersiapan belajar yang kurang, sulit paham jika diterangkan secara daring, kurang\r\nfokus saat mengerjakan, grogi serta takut salah. Beberapa penyebab tersebut cukup\r\nsesuai dengan indikator motivasi belajar siswaMengetahui kesalahan siswa itu penting untuk meminimalisir terjadinya\r\nkesalahan yang sama Analisis yang peneliti gunakan adalah prosedur analisis\r\nmenggunakan Newman Error Analysis (NEA). NEA ini menganalisis kesalahan\r\nlangkah-langkah dalam menyelesaikan soal cerita menurut prosedur Newman.\r\nKesalahan tersebut tentu mempengaruhi hasil belajar siswa dan motivasi belajar\r\nsangat mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis\r\nkesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita materi SPLDV berdasarkan\r\nNewman‟s Error Analysis ditinjau dari motivasi belajarnya. Hal tersebut dilakukan\r\nkarena dalam mengerjakan soal cerita, setiap subjeknya memiliki kesalahan yang\r\nberbeda. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh tingkat usaha dalam mencapai hasil\r\nbelajar yang maksimal (motivasi belajar).\r\nPenelitian ini berjenis deskriptif-kualitatif. Teknik pemilihan subjek\r\nmenggunakan teknik purposive. Prosedur pemilihan subjek didasarkan pada hasil\r\nklasifikasi motivasi belajar dan tes tertulis siswa pada materi SPLDV. Subjek\r\npenelitian ini terdiri dari 12 siswa dengan masing-masing tiga siswa bermotivasi\r\nbelajar tinggi dan rendah, serta enam siswa bermotivasi belajar sedang pada kelas\r\nVIII D MTsN 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan\r\npenyebaran angket motivasi belajar, tes tertulis, dan wawancara. Setelah data\r\nterkumpul maka akan dipaparkan dan analisis menggunakan analisis deskriptif.\r\nHasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: (1) semua tingkatan dalam\r\nmotivasi belajar melakukan semua jenis kesalahan menurut Newman, hanya saja\r\nterdapat perbedaan pada jumlah dan penyebabnya. (2) siswa dengan motivasi belajar\r\ntinggi dan rendah paling banyak melakukan kesalahan ketrampilan proses dan\r\npenulisan jawaban (27,17%). Sedangkan siswa dengan motivasi belajar sedang paling\r\nbanyak melakukan kesalahan ketrampilan proses (28%). (3) Penyebab siswa\r\nmelakukan kesalahan dikarenakan kurangnya lingkungan yang kondusif, waktu dan\r\npersiapan belajar yang kurang, sulit paham jika diterangkan secara daring, kurang\r\nfokus saat mengerjakan, grogi serta takut salah. Beberapa penyebab tersebut cukup\r\nsesuai dengan indikator motivasi belajar siswa"^^ . "2022-03-21" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 18106000013"^^ . "Tia Ainun Nadiroh"^^ . "NIM.: 18106000013 Tia Ainun Nadiroh"^^ . . . . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Text)"^^ . . . . . "18106000013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Text)"^^ . . . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #50946 \n\nANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA\n\n" . "text/html" . . . "Evaluasi Pendidikan" . . . "Pendidikan Matematika" . .