TY - THES N1 - Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, M.Pd..Si.,Ph.D. ID - digilib50950 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50950/ A1 - Maftukhatul Hidayah, NIM.: 18106070007 Y1 - 2022/04/04/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Joyful Learning berbasis Flipped Classroom terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI SMA/MA pada materi sistem koloid. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Non-Equivalen Control Pretest Posttest Group. Dua kelas XI MIPA MAN Purworejo dipilih secara cluster random sampling untuk menentukan kelas kontrol (XI MIPA 4) dan kelas eksperimen (XI MIPA 3). Data keaktifan belajar siswa diungkap menggunakan lembar observasi keaktifan dan angket keaktifan belajar siswa dan dianalisis dengan uji Mann-Whitney, sedangkan hasil belajar siswa menggunakan soal tes dan dianalisis dengan uji independent sampel T-test. Hasil uji Mann-Whitney pada keaktifan belajar siswa menurut observasi menunjukkan nilai Asymp. Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 dan menurut hasil angket menunjukkan nilai Asymp. Sig.(2-tailed) sebesar 0,018. Berdasarkan kriteria penerimaan hipotesis, Ha diterima, artinya bahwa ada perbedaan signifikan rata-rata keaktifan siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Uji hipotesis untuk hasil belajar menggunakan uji independent sampel T-test dan didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,017 atau nilai Sig.(2-tailed) < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Joyful Learning berbasis Flipped Classroom berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi sistem koloid di MAN Purworejo. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Joyful Learning KW - Flipped Classroom KW - Keaktifan KW - Hasil Belajar M1 - skripsi TI - PENGARUH MODEL JOYFUL LEARNING BERBASIS FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI SISTEM KOLOID AV - restricted EP - 211 ER -