@mastersthesis{digilib50958, month = {March}, title = {TINJAUAN ASPEK TUJUAN, PENDEKATAN DAN EVALUASI BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS V MI MA?ARIF DARUSSALAM KURIKULUM KMA 183 TAHUN 2019}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18204020038 Muhammad Azhari}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M.SI., M.Pd}, keywords = {Buku Ajar, KMA 183 Tahun 2019, Tujuan, Pendekatan dan Evaluasi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50958/}, abstract = {Proses belajar mengajar membutuhkan sarana dan prasarana yaitu penggunaan buku ajar, dalam dunia pendidikan buku ajar banyak ditemukan bahkan diperjual belikan tanpa melihat kualitas buku tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau aspek tujuan, pendekatan, dan evaluasi buku ajar Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum KMA 183 tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah library reseach lalu teknik pengumpulan data menggunakan sumber primer dan skunder. Tujuan penulisan tesis ini adalah untuk mengkaji dan meninjau aspek tujuan, pendekatan dan evaluasi dari buku ajar bahasa Arab Madrasah Ibtidiyah Kelas 5 kurikulum KMA nomor 183 tahun 2019, yang mana tujuan pembelajaran bahasa Arab pada kurikulum adalah agar peserta didik memahami agama Islam dari sumber otentik, yaitu dari Al-Quran dan Hadis serta rujukan-rujukan yang menggunakan bahasa Arab lainnya, dengan memperhatikan unsur budaya Islam dengan tetap mencintai budaya Indonesia. Untuk meninjau pendekatan dalam penulisan buku ajar ini yang mana pendekatan yang digunakan adalah pendekatan saintifik, komunikatif dan genre. Dan untuk meninjau bentuk-bentuk evaluasi yang digunakan untuk melatih siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan memperhatikan aspek materi, kontruksi dan bahasa. Hasil tinjauan dari buku ajar ini yaitu, dari aspek tujuan untuk memahami Agama Islam dari sumber otentik tidak didukung dengan materi tark{\=i}b yang mendalam, karena materi tark{\=i}b disajikan dengan tidak disertai penjelasan atau definisi kecuali pada bab empat. Dari aspek pendekatan buku ajar ini sudah menerapkan pendekatan saintifik, genre dan koumnikatif disertai dengan materi yang berpusat pada siswa dan melatih siswa untuk berkoumnikasi dengan bahasa Arab dengan baik. Dari segi evaluasi dan bentuk Instrumen buku ajar ini menyajikan bentuk soal yang bervariasi, namun dari segi kontruksi beberapa bentuk evaluasi belum di susun dengan baik, seperti instrument pilihan ganda hanya disajikan pada bagian ujian akhir semester saja, tidak disajikan dalam setiap bab. Dari hasil penelitian ini juga peneliti mendapatkan kekurangan dalam buku ajar ini yaitu: materi tark{\=i}b tidak dilengkapi dengan konsep definisi kecuali bab empat, bentuk soal pilihan ganda hanya disajikan pada latihan soal akhir semester saja, penggunaan buku ini membutuhkan penyesuaian yang lama sesuai dengan kesiapan sekolah dari segi alat pendukung pembelajaran.} }