%0 Thesis %9 Skripsi %A NUNINGSIH HANDAYANI - NIM. 06210029, %B Fakultas Dakwah %D 2010 %F digilib:5107 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K strategi, komunikasi, Yaketunis, pemahaman keagamaan %T STRATEGI KOMUNIKASI YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM (YAKETUNIS)DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5107/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan YAKETUNIS dalam upaya meningkatkan pemahaman keagamaan pada tunanetra dalam kegiatan keagamaan kuliah agama Islam. Dan juga untuk mengetahui usaha pengasuh YAKETUNIS dalam meningkatkan pemahaman keagamaan pada tunanetra khususnya. Dengan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran yang konstruktif kepada seluruh elemen yang berkaitan dalam kegiatan keagamaan kuliah agama Islam, dan khususnya YAKETUNIS Yogyakarta sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di YAKETUNIS Yogyakarta. Dengan menggunakan unsur komunikasi yaitu komunikator, pesan, media, komunikan dan efek. Strategi komunikasi yang meliputi pengenalan khalayak, penyusunan pesan, penetapan metode, pemilihan media dan peranan komunikator. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan: wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu menyusun dan menganalisis data secara apa adanya, kemudian memberikan interpretasi agar mudah dipahami dengan menerangkan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengasuh kegiatan keagamaan kuliah agama Islam di YAKETUNIS Yogyakarta sudah menggunakan tahapan-tahapan dalam komunikasi. Strategi yang digunakan YAKETUNIS yakni menggunakan strategi komunikasi yang diungkapkan oleh Anwar Arifin yaitu pengenalan khalayak dengan memahami kerangka berpikir para penyandang tunanetra dengan pendekatan antar personal dan interaksi langsung. Penyusunan pesan menggunakan one side issue dan both side issue karena memudahkan para penyandang tunanetra dimengerti oleh komunikator. Penetapan metode yang digunakan sudah tepat dan beragam yaitu informative, persuavie, educative dan cursive maka akan mudah mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Pemilihan media, kurangnya media yang digunakan oleh komunikan mengakibatkan jalannya komunikasi sedikit terhambat guna menyikapinya, pengasuh sebagai komunkator menciptakan situasi dan kondisi sebagai wadah menyampaikan materi. Peranan komunikator adalah ujung tombak dalam menyampaikan materi kuliah agama Islam maka dari itu kriteria komunikator di YAKETUNIS harus dimiliki oleh semua pengasuh. Namun kegiatan ini belum optimal karena pelaksanaannya hanya satu kali dalam seminggu. Adapun usaha yang dilakukan oleh pengasuh YAKETUNIS dalam meningkatkan pemahaman keagamaan ialah melakukan kegiatan keagamaan kuliah agama Islam. Materi yang diberikan berdasarkan Al-Qur'an dan Hadits yang meliputi tiga pokok bahasan yaitu aqidah, syari'ah dan akhlak. %Z Pembimbing: Khoiro Ummatin, M.Si.