<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT AL ZARNUJI DAN JOHN LOCKE"^^ . "Derasnya arus informasi dan mudahnya akses menjadikan banyak orangtua sebagai pendidik khawatir terhadap perubahan etika dan akhlak anak didiknya. Kemudahan-kemudahan yang diberikan sebenarnya memberikan peluang yang baik pada luasnya khazanah ilmu pengetahuan, namun terdapat dampak buruk yang mengintai setiap anak, yakni informasi yang tidak baik dapat diakses dengan mudah oleh anak didik, sehingga dapat mempengaruhi perilaku atau karakter mereka. Menurut Al Zarnuji perilaku atau karakter dapat terbentuk dengan mencontoh suatu perilaku yang sering anak lihat. Begitu juga menurut John Lokce kebiasaan yang sering dilakukan dan berulang-ulang dapat mempengaruhi dan merubah perilaku atau karakter anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kontruksi pemikiran pendidikan karakter anak menurut Al Zarnuji dan John Locke, dan (2) Relevansi pemikiran kedua tokoh dengan pendidikan karakter anak di Indonesia pada masa pandemi.\r\nPenulis menggunakan teori pendidikan karakter Thomas Lickona dan teori pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih. Menurut Lickona karakter yang baik harus mengandung tiga moral yaitu moral knowing, moral feeling dan moral actuating. Teori pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih yaitu pendidikan yang difokuskan untuk mengarahkan sikap manusia agar menjadi baik. Jenis penelitian ini Library Research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data primer adalah kitab Ta’lim Al-Muta’allim karya Al Zarnuji dan buku Some Thoughts Concerning Education karya John Locke. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan content analysis.\r\nTujuan dasar konstruksi pemikiran pendidikan karakter anak menurut Al Zarnuji adalah sarana mencapai taqwa kepada Allah Subḥanahu Wa Ta’ala (agama), dan mencetak manusia yang baik, dan beradab, serta menanamkan nilai-nilai karakter religius seperti taubat, zuhud, sabar, tawakal, tawaḍu dan wara’. Metode pendidikan karakter Al Zarnuji adalah memberi nasehat, saling mengingatkan, pembentukan mental melalui niat, wara’, istifaḍah, dan tawakal, dan metode teladan atau uswah. Konstruksi pemikiran pendidikan karakter anak menurut John Locke terdiri dari 3 tahapan, pertama\r\nxiii\r\nperkembangan tubuh yang sehat pada anak, seperti menghadapi cuaca, memilih pakaian, menjaga asupan makanan yang baik, mengatur pola tidur yang baik dan bagaima cara mencegah penyakit. Kedua mengatur pikiran dan jiwa yang sehat pada anak, seperti memberikan rasa takut, memberikan kesetaraan dan memberikan kebebasan. Ketiga pembentukan karakter anak dengan mengulang-ulang kebiasaan yang baik, memberi contoh atau teladan yang baik, memberikan yang mereka inginkan selama keinginan itu baik dan membiarkan mereka belajar dengan cara mereka sendiri. Pemikiran Al Zarnuji pada nilai karakter religius, relevan untuk diajarkan pada anak dimasa pandemi, dalam menghadapi musibah covid 19 ini, kita harus selalu introspeksi, kemudian bertaubat terhadap kesalahan dan dosa yang sudah diperbuat, sehingga dapat ditanamkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Relevansi pemikiran John Locke seperti tahapan pembentukan karakter anak yang diawali dengan perkembangan tubuh yang sehat, tentu relevan, karena pada masa pandemi ini kesehatan sangat di utamakan. Karena pada kondisi tubuh yang sehat, maka mudah dalam membentuk pikiran dan jiwa, sehingga karakter dapat dibentuk dengan baik. Metode pendidikan karakter anak kedua tokoh juga relevan dengan pendidikan karakter anak pada masa pandemi ini. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan atau referensi bagi para pendidik yaitu guru dan orangtua dalam membentuk karakter yang baik bagi peserta didik serta mampu memberikan jawaban dan solusi tentang akhlak atau moral anak yang kurang baik."^^ . "2021-08-27" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 17304016001"^^ . "Rubini"^^ . "NIM.: 17304016001 Rubini"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT AL ZARNUJI DAN JOHN LOCKE (Text)"^^ . . . . . "17304016001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT AL ZARNUJI DAN JOHN LOCKE (Text)"^^ . . . . . "KONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT AL ZARNUJI DAN JOHN LOCKE (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT AL ZARNUJI DAN JOHN LOCKE (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT AL ZARNUJI DAN JOHN LOCKE (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT AL ZARNUJI DAN JOHN LOCKE (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT AL ZARNUJI DAN JOHN LOCKE (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT AL ZARNUJI DAN JOHN LOCKE (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT AL ZARNUJI DAN JOHN LOCKE (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT AL ZARNUJI DAN JOHN LOCKE (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #51143 \n\nKONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT AL ZARNUJI DAN JOHN LOCKE\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . . . "Pendidikan"@id . .