TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Astri Hanjarwati, S.Sos., M.A ID - digilib51144 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51144/ A1 - Aghnia Rahmanti Lintang Fajri, NIM.: 17107020020 Y1 - 2021/11/29/ N2 - Keterbatasan anak berkebutuhan khusus (ABK) membuat mereka beraktivitas tidak seperti anak pada umumnya dan sulit diterima dilingkungan masyarakat. Ketidakstabilan emosi yang mereka miliki membuat mereka sulit untuk melebur di lingkungan sosialnya. Perlu adanya pendidikan sosial dasar dalam melatih anak anak berkebutuhan khusus. Dalam hal ini SLB Autis Karunia Tanjung Enim yang berfokus untuk membantu anak berkebutuhan khusus memperoleh pendidikan dan keterampilan vokasional yang layak, guna mendukung fungsi sosial anak di tengah masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis model pengajaran siswa SLB Autis Karunia Tanjung Enim dalam pendidikan sosial. Konteks dalam penelitian ini adalah peran Sekolah Luar Biasa Autis Karunia dalam menerapkan pendidikan sosial untuk siswa berkebutuhan khusus di SLB Autis Karunia. Penelitian kualitatif menjadi metode dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini mengambil kepala sekolah beserta guru-guru SLB Autis Karunia dan perwakilan wali murid sebagai informan. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara dengan beberapa informan. Dokumentasi dalam penelitian bersumber langsung dari SLB Autis Karunia Tanjung Enim dan peneliti. Teori yang digunakan oleh peneliti untuk menganalisa penelitian ini adalah teori fungsional struktural yang digagas oleh Talcott Parsons untuk menganilis data yang dihasilakan dari kegiatan wawancara yang merupakan pemahaman subyektif informan. Berdasarkan hasil penelitian, program pelayanan SLB Autis Karunia Tanjung Enim dalam mewujudkan konsep pendidikan sosial yang dirasakan oleh pengguna layanan sekolah dapat dikatakan berjalan efektif ditandai dengan perkembangan sosial siswa berjalan dengan progresif. Program yang diusung diantaranya mengembangkan kewirausahaan ramah ABK, menanamkan keterampilan vokasional, dan pembinaan perilaku sosial dalam kelas. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendidikan Sosial KW - Anak Berkebutuhan Khusus KW - Peran SLB. M1 - skripsi TI - PERAN SEKOLAH LUAR BIASA AUTIS KARUNIA TANJUNG ENIM SUMATRA SELATAN DALAM POLA PENDIDIKAN SOSIAL ANAK AUTIS AV - public EP - 92 ER -