%0 Journal Article %@ p-ISSN: 2354-9629; e-ISSN: 2549-1334 %A Marwiyah, - %A Labibah, - %A Khusnul Khotimah, - %A Sri Astuti, - %A Thoriq Tri Prabowo, - %D 2022 %F digilib:51149 %I Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar %J Khizanah Al Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan , Informasi, dan Kearsipan %K Layanan inovasi perpustakaan; perpustakaan perguruan tinggi; ServQual %N 1 %T Innovative Services During Pandemic at UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Library a ServQual Analysis %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51149/ %V 10 %X 2021, Revised: 19-11-2021, Accepted: 29-05-2022) ABSTRAK Perpustakaan perguruan tinggi memberikan kontribusi yang besar terhadap terwujudnya Tri Darma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Di masa pandemi, perpustakaan perguruan tinggi harus tetap berkontribusi dalam pengembangan pendidikan meski kegiatan belajar-mengajar dilakukan secara virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis layanan yang dikembangkan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta selama masa pandemi dan mengeksplorasi tanggapan pengguna layanan dengan menggunakan pendekatan ServQual untuk mengevaluasi tiga aspek layanan inovatif, yaitu layanan yang dikembangkan, fasilitas pendukung layanan, dan sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan 17 informan yang memenuhi syarat dan dari dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan telah melakukan beberapa inovasi layanan untuk memenuhi kebutuhan pengguna, khususnya para mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir mereka. Pengguna telah mendapat banyak manfaat dari layanan inovatif dan menyatakan kepuasan mereka. Dari segi fasilitas, perpustakaan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang sesuai dengan protokol kesehatan. Perpustakaan juga menggunakan media sosial, seperti WhatsApp dan Instagram, untuk mendukung layanannya. Selain itu, pustakawan secara signifikan telah membantu pengguna mengakses layanan.