eprintid: 51149 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12253 dir: disk0/00/05/11/49 datestamp: 2022-05-30 14:06:01 lastmod: 2022-05-30 14:09:42 status_changed: 2022-05-30 14:09:42 type: article metadata_visibility: show creators_name: Marwiyah, - creators_name: Labibah, - creators_name: Khusnul Khotimah, - creators_name: Sri Astuti, - creators_name: Thoriq Tri Prabowo, - title: Innovative Services During Pandemic at UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Library a ServQual Analysis ispublished: pub subjects: perpus_pt subjects: pus_lay divisions: artkl full_text_status: public keywords: Layanan inovasi perpustakaan; perpustakaan perguruan tinggi; ServQual abstract: 2021, Revised: 19-11-2021, Accepted: 29-05-2022) ABSTRAK Perpustakaan perguruan tinggi memberikan kontribusi yang besar terhadap terwujudnya Tri Darma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Di masa pandemi, perpustakaan perguruan tinggi harus tetap berkontribusi dalam pengembangan pendidikan meski kegiatan belajar-mengajar dilakukan secara virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis layanan yang dikembangkan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta selama masa pandemi dan mengeksplorasi tanggapan pengguna layanan dengan menggunakan pendekatan ServQual untuk mengevaluasi tiga aspek layanan inovatif, yaitu layanan yang dikembangkan, fasilitas pendukung layanan, dan sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan 17 informan yang memenuhi syarat dan dari dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan telah melakukan beberapa inovasi layanan untuk memenuhi kebutuhan pengguna, khususnya para mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir mereka. Pengguna telah mendapat banyak manfaat dari layanan inovatif dan menyatakan kepuasan mereka. Dari segi fasilitas, perpustakaan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang sesuai dengan protokol kesehatan. Perpustakaan juga menggunakan media sosial, seperti WhatsApp dan Instagram, untuk mendukung layanannya. Selain itu, pustakawan secara signifikan telah membantu pengguna mengakses layanan. date: 2022-01 date_type: published publication: Khizanah Al Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan , Informasi, dan Kearsipan volume: 10 number: 1 publisher: Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar refereed: TRUE issn: p-ISSN: 2354-9629; e-ISSN: 2549-1334 official_url: https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/21929/14839 citation: Marwiyah, - and Labibah, - and Khusnul Khotimah, - and Sri Astuti, - and Thoriq Tri Prabowo, - (2022) Innovative Services During Pandemic at UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Library a ServQual Analysis. Khizanah Al Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan , Informasi, dan Kearsipan, 10 (1). ISSN p-ISSN: 2354-9629; e-ISSN: 2549-1334 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51149/1/Innovative%20Services%20During%20Pandemic%20at%20UIN%20Sunan%20Kalijaga%20Yogyakarta%20Library%20a%20ServQual%20Analysis.pdf