%A NIM.: 18102040007 Jefri Khairul Rezki %O Pembimbing: Drs. H. Noor Hamid, M.Pd.I. %T STRATEGI PEMASARAN PENYELENGGARAAN PERJALANAN IBADAH UMRAH (PPIU) PT AMANA BERKAH MANDIRI UMBULHARJO YOGYAKARTA DENGAN ANALISIS SWOT TAHUN 2019 %X PPIU PT Amana Berkah Mandiri Umbulharjo Yogyakarta dalam menjalankan usahanya menghadapi masalah, yaitu dalam hal pemasaran, karena banyaknya persaingan antara PPIU yang ada. Oleh karenanya PPIU harus mampu bersaing dengan PPIU yang lainnya. Sehingga diperlukan strategi pemasaran. Dalam peneltian ini menggunakan analisis SWOT digunakan untuk mengetahui bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari PPIU PT Amana Berkah Mandiri untuk menetapkan strategi pemasarang yang digunakan. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) PT Amana Berkah Mandiri Umbulharo Yogyakarta dengan Analisis SWOT Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunkan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan teknik keabsahan data dengan triangulasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan PPIU PT Amana Berkah Mandiri sudah menerapkan strategi pemasaran dengan baik, yaitu dengan produk unggulan umrah plus Aqsha, peletakkan harga sesuai dengan harga pasar, lokasi yang terjangkau dan strategis, promosi efektif dan menambahkan promo harga secara berkala, pembimbing yang berkompeten, proses yang cepat, pelayanan yang baik dan berkualitas, SDM karyawan yang profesional. Sehingga itulah strategi yang dilakukan oleh PPIU PT Amana Berkah Mandiri dalam bersaing dengan PPIU yang lain, untuk menarik minat calon jemaah umrah. %K Strategi Pemasaran, PPIU PT Amana Berkah Mandiri Umbulharjo Yogyakarta, Analisis SWOT %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib51168