@phdthesis{digilib51187, month = {February}, title = {PROBLEMATIKA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA TUNA NETRA KELAS XI DI SEKOLAH MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019-2020}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM : 14420002 Dede Saepurrohman}, year = {2020}, note = {Pembimbing : Drs. H. Dudung Hamdun, M.Si.}, keywords = {Problematika, Proses Pembelajaran Bahasa Arab, Siswa Tunanetra.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51187/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang pengumpulan datanya diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ketika dalam proses pembelajaran bahasa Arab terdapat beberapa problematika yang dialami siswa tuna netra diantaranya adalah keluhan mengenai pendampingan yang kurang optimal ketika proses pembelajaran berlangsung, masih belum sesuai dalam pengucapan makharijul khuruf, kemudian mereka merasa kesulitan karena mereka tidak bisa melihat dan tidak adanya kamus braille yang menggunakan bahasa Arab dalam bentuk LKS atau juga printer braille, sering kesulitan mengerjakan tugas dalam LKS dikarenakan kurangnya pendampingan secara ekstra, kesulitan memahami kosa kata yang diucapkan oleh guru sehingga terkadang mereka ketika disuruh mengucapkan ulang kurang sesuai, dan juga masih kesulitan dalam kaidah imla. Dari beberapa hasil diatas peneliti ingin menyampaikan saran dan masukan secara keseluruhan dari hasil penelitian ini. Bahwasannya guru bahasa Arab dan pihak sekolah untuk lebih akses lagi terhadap siswa tuna netra} }