@phdthesis{digilib51193, month = {December}, title = {EKSPERIMENTASI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT AL-AF?AL SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 14420003 Findha Fa'idah Ad-Durunnafis}, year = {2019}, note = {Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.S.I}, keywords = {Metode, Total Physial Response (TPR), Penguasaan mufrad{\=a}t}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51193/}, abstract = {Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya penguasaan mufrad{\=a}t siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran Total Physical Response (TPR) sebagai alternatif dalam meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab, terutama mufrad{\=a}t al-af?al. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pembelajaran mufrad{\=a}t al-af?{\=a}l dengan metode Total Physical Response (TPR), (2) Mengetahui efektivitas pembelajaran mufrad{\=a}t al-af?al dengan metode Total Physical Response (TPR). Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, yang dilaksanakan di MTs Negeri 4 Sleman, sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Dengan penerapan metode ini, diharapkan dapat meningkatkan penguasaan mufrad{\=a}t al-af?al siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model pretest posttest control group design, obyek yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji mann whitney (uji-u) dan uji wilcoxon (uji-t) melalui SPSS 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Total Physical Response (TPR) di kelas VIII A diawali dengan peneliti memperlihatkan materi yang akan dipelajari berupa percakapan bahasa Arab menggunakan LCD, kemudian peneliti membacakan materi tiga kali dan siswa menirukan, kemudian peneliti xii meminta siswa untuk memperhatikan peragaan yang peneliti lakukan, kemudian peneliti memerintahkan satu persatu siswa untuk memperagakan mufrad{\=a}t al-af?{\=a}l yang diucapkan oleh peneliti, dan penguasaan mufrad{\=a}t al-af?{\=a}l siswa setelah diterapkan metode Total Physical Response (TPR) mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata dari 67 menjadi 87. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan mufrad{\=a}t al-af?{\=a}l antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini berdasarkan pada analisis data melalui uji mann whitney (uji-u) dan uji wilcoxon (uji-t) dan menunjukkan nilai signifikansi 0.000 lebih kecil dari 0.05 maka Ha diterima. Dan dari analisis semua data, penggunaan metode Total Physial Response (TPR) efektif digunakan dalam meningkatkan penguasaan mufrad{\=a}t al-af?{\=a}l siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Sleman.} }