eprintid: 51193 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/11/93 datestamp: 2022-06-09 04:25:37 lastmod: 2022-06-09 04:25:37 status_changed: 2022-06-09 04:25:37 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmai;.com creators_name: Findha Fa'idah Ad-Durunnafis, NIM.: 14420003 title: EKSPERIMENTASI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT AL-AF’AL SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020 ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: teo_pen divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Metode, Total Physial Response (TPR), Penguasaan mufradāt note: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.S.I abstract: Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya penguasaan mufradāt siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran Total Physical Response (TPR) sebagai alternatif dalam meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab, terutama mufradāt al-af’al. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pembelajaran mufradāt al-af’āl dengan metode Total Physical Response (TPR), (2) Mengetahui efektivitas pembelajaran mufradāt al-af’al dengan metode Total Physical Response (TPR). Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, yang dilaksanakan di MTs Negeri 4 Sleman, sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Dengan penerapan metode ini, diharapkan dapat meningkatkan penguasaan mufradāt al-af’al siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model pretest posttest control group design, obyek yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji mann whitney (uji-u) dan uji wilcoxon (uji-t) melalui SPSS 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Total Physical Response (TPR) di kelas VIII A diawali dengan peneliti memperlihatkan materi yang akan dipelajari berupa percakapan bahasa Arab menggunakan LCD, kemudian peneliti membacakan materi tiga kali dan siswa menirukan, kemudian peneliti xii meminta siswa untuk memperhatikan peragaan yang peneliti lakukan, kemudian peneliti memerintahkan satu persatu siswa untuk memperagakan mufradāt al-af’āl yang diucapkan oleh peneliti, dan penguasaan mufradāt al-af’āl siswa setelah diterapkan metode Total Physical Response (TPR) mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata dari 67 menjadi 87. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan mufradāt al-af’āl antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini berdasarkan pada analisis data melalui uji mann whitney (uji-u) dan uji wilcoxon (uji-t) dan menunjukkan nilai signifikansi 0.000 lebih kecil dari 0.05 maka Ha diterima. Dan dari analisis semua data, penggunaan metode Total Physial Response (TPR) efektif digunakan dalam meningkatkan penguasaan mufradāt al-af’āl siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Sleman. date: 2019-12-16 date_type: published pages: 189 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Findha Fa'idah Ad-Durunnafis, NIM.: 14420003 (2019) EKSPERIMENTASI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT AL-AF’AL SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51193/1/14420003_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51193/2/14420003_BAB%20II_SEBELUM_%20BAB%20V.pdf