%0 Thesis %9 Skripsi %A Ratih Hanifa, NIM.: 15420010 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2020 %F digilib:51194 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Program Madrasah Unggulan Bahasa Arab %P 256 %T PROGRAM MADRASAH UNGGULAN KELAS BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB SISWA DI MTs NEGERI 6 SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51194/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya stigma anggapan bahwa mata pelajaran Bahasa Arab adalah sebuah momok yang kerap ditakuti oleh peserta didik, mereka dibayangi oleh materi dengan tingkat kesulitan yang luar biasa. Padahal, bahasa Arab mempunyai peranan penting terhadap ilmu pengetahuan. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di MTs Negeri 6 Sleman karena sebagai salah satu Madrasah Unggul yang ditunjuk oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dari Program Madrasah Unggulan Kelas Bahasa Arab, perananya dalam menunjang kemampuan berbahasa Arab siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, pengampu program dan peserta program madrasah unggulan kelas bahasa Arab di MTs Negeri 6 Sleman. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Dalam hal ini peneliti mengungkapkan tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran dari Program Madrasah Unggulan Kelas Bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Program Madrasah Unggulan Kelas Bahasa Arab sudah cukup baik karena dapat menumbuhkan rasa kecintaan peserta program dalam belajar bahasa Arab. Adapun peranan Program Madrasah Unggulan Kelas Bahasa Arab dalam menunjang kemampuan berbahasa Arab siswa adalah adanya korelasi yang positif antara siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Arab seperti menambah perbendaharaan kosa kata bahasa Arab, memotivasi belajar bahasa Arab siswa dan melatih empat kemahiran berbahasa arab, yaitu maharah istima, maharah kalam, maharah qira‟ah dan maharah kitabah. %Z Pembimbing : Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.