@phdthesis{digilib51197,
           month = {January},
           title = {STUDI KORELASI ANTARA KECERDASAN
LINGUISTIK DENGAN KOMPETENSI
MUHADASAH SISWA KELAS VIII A
PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA
TAHUN AJARAN 2019/2020},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM.: 15420076 Said Iqbal},
            year = {2020},
            note = {Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si.,},
        keywords = {Korelasi, Kecerdasan Lingusitik,
Kompetensi Muhadasah.},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51197/},
        abstract = {Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya
empat aspek yang menyangkut kemampuan seseorang
dalam mempelajari bahasa Arab salah satunya adalah
kemampuan memahami pembicaraan orang lain yang
berbicara dengan bahasa Arab. Aspek tersebut selaras
dengan teori dari Howard Gardner tentang Multiple
Intelligences, salah satu bentuk dari kecerdasan jamak itu
adalah kecerdasan linguistik. Kecerdasan ini memiliki
pengertian sebagai kemampuan menggunakan kata-kata
secara efektif, baik lisan maupun tulisan, kecerdasan ini
mencakup kemampuan dalam memahami struktur bahasa,
bunyi bahasa, makna bahasa, dan kegunaan praktis dari
bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui apakah
terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dengan
kompetensi muhadasah yang dimiliki oleh siswa Pondok
Pesantren Ibnul Qoyyim Putra.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang
menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian
studi korelasi. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok
Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta. Dengan
adanya penelitian ini, diharapkan dapat mengetahui
adanya korelasi antara kecerdasan linguistik dan
kompetensi muhadasah yang dimiliki siswa. Pengumpulan
data dilakukan dengan metode kuisioner (angket),
dokumentasi, dan wawancara. Adapun kuisioner dalam
penelitian ini meliputi kusioner kecerdasan linguistik dan
kompetensi muhadasah. Objek dalam penelitian ini adalah
kelas VIII A Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim, sedengkan
xv
teknik analisis data menggunakan uji Pearson Product
Moment Correlation melalui SPSS 16.0.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) Hasil
perhitungan mean dan standar deviasi untuk kecerdasan
linguistik diketahui bahwa kecerdasan lingustik siswa
kelas VIII A berada pada kriteria baik dengan frekuensi 8
siswa dengan F relatif sebesar 34\%. (2) Hasil perhitungan
mean dan standar deviasi untuk kompetensi muh{\=a}dasah
diketahui bahwa siswa kelas VIII A memiliki kompetensi
muh{\=a}dasah dengan kriteria cukup baik dengan frekuensi
berjumlah 9 siswa dengan F relatif 37,5\%. (3) Terdapat
korelasi antara kecerdasan linguistik dengan kompetensi
muh{\=a}dasah dengan rhitung sebesar 0,582 yang lebih besar
dari rtabel sebesar 0,432 dengan taraf signifikan sebesar
0,003 yang lebih kecil dari 0,05. Kecerdasan linguistik
juga berpengaruh positif terhadap kompetensi muh{\=a}dasah.
Dan korelasi antara keduanya berada pada kategori
sedang.}
}