@phdthesis{digilib51197, month = {January}, title = {STUDI KORELASI ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KOMPETENSI MUHADASAH SISWA KELAS VIII A PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA TAHUN AJARAN 2019/2020}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 15420076 Said Iqbal}, year = {2020}, note = {Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si.,}, keywords = {Korelasi, Kecerdasan Lingusitik, Kompetensi Muhadasah.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51197/}, abstract = {Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya empat aspek yang menyangkut kemampuan seseorang dalam mempelajari bahasa Arab salah satunya adalah kemampuan memahami pembicaraan orang lain yang berbicara dengan bahasa Arab. Aspek tersebut selaras dengan teori dari Howard Gardner tentang Multiple Intelligences, salah satu bentuk dari kecerdasan jamak itu adalah kecerdasan linguistik. Kecerdasan ini memiliki pengertian sebagai kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif, baik lisan maupun tulisan, kecerdasan ini mencakup kemampuan dalam memahami struktur bahasa, bunyi bahasa, makna bahasa, dan kegunaan praktis dari bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dengan kompetensi muhadasah yang dimiliki oleh siswa Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian studi korelasi. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat mengetahui adanya korelasi antara kecerdasan linguistik dan kompetensi muhadasah yang dimiliki siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuisioner (angket), dokumentasi, dan wawancara. Adapun kuisioner dalam penelitian ini meliputi kusioner kecerdasan linguistik dan kompetensi muhadasah. Objek dalam penelitian ini adalah kelas VIII A Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim, sedengkan xv teknik analisis data menggunakan uji Pearson Product Moment Correlation melalui SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) Hasil perhitungan mean dan standar deviasi untuk kecerdasan linguistik diketahui bahwa kecerdasan lingustik siswa kelas VIII A berada pada kriteria baik dengan frekuensi 8 siswa dengan F relatif sebesar 34\%. (2) Hasil perhitungan mean dan standar deviasi untuk kompetensi muh{\=a}dasah diketahui bahwa siswa kelas VIII A memiliki kompetensi muh{\=a}dasah dengan kriteria cukup baik dengan frekuensi berjumlah 9 siswa dengan F relatif 37,5\%. (3) Terdapat korelasi antara kecerdasan linguistik dengan kompetensi muh{\=a}dasah dengan rhitung sebesar 0,582 yang lebih besar dari rtabel sebesar 0,432 dengan taraf signifikan sebesar 0,003 yang lebih kecil dari 0,05. Kecerdasan linguistik juga berpengaruh positif terhadap kompetensi muh{\=a}dasah. Dan korelasi antara keduanya berada pada kategori sedang.} }