relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51205/ title: STUDI KOMPARASI ANTARA KITAB QAWA’ID AL-ASASIYYAH LIL AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH DAN KITAB AT-TUHFAH AS-SANIYYAH BI MUQADDIMAH AL JURRUUMIYYAH (Analisis Materi dan Metode Pembelajaran Nahwu) creator: Muhammad Iqbal Zamzami, NIM.: 16420020 subject: PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep isi materi dan juga metodologi pembelajaran nahwu yang meliputi aspek seleksi, gradasi, presentasi dan repetasi dari kitab Qawa’id al-Asasiyyah lil-Lughah al-‘Arabiyyah dan kitab At-Tuhfah As-Saniyyah Bi Muqaddimah Al Jurrumiyyah serta komparasi keduanya. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan (library research). Objek penelitian ini adalah kitab Qawa’id al-Asasiyyah lil-Lughah al- ‘Arabiyyah dan kitab At-Tuhfah As-Saniyyah Bi Muqaddimah Al Ajurrumiyyah. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis komparatif. Hasil dari penelitian ini berupa komparasi kedua kitab tersebut, kedua kitab ini sama-sama menggunakan metode deduktif (qiyasi) dalam metodologi pembelajaran nahwunya. Dari aspek seleksi, kosakata kitab Qawa’id al-Asasiyyah lil-Lughah al-‘Arabiyyah memiliki tujuan untuk mengaplikasikan ilmu nahwu pada syair Arab, ayat Al-Qur’an dan bacaan bertema tertentu, sedangkan kitab At- Tuhfah As-Saniyyah Bi Muqaddimah Al Jurrumiyyah membantu dalam memahami ungkapan-ungkapan bahasa Arab sehari-hari. Kemudian dari aspek gradasi, kitab Qawa’id al-Asasiyyah lil-Lughah al-‘Arabiyyah pada umumnya menggunakan gradasi lurus, akan tetapi pada beberapa subbab menggunakan gradasi putar. Sedangkan kitab At-Tuhfah As-Saniyyah Bi Muqaddimah Al Jurrumiyyah sepenuhnya menggunakan gradasi lurus. Kemudian dari aspek presentasi, strategi pembelajaran yang digunakan pada kitab Qawa’id al-Asasiyyah lil-Lughah al-‘Arabiyyah lebih berfokus pada analisis i’rab pada sebuah teks bacaan baik berupa naskah, koran majalah, Al-Qur’an, dll. Sedangkan kitab At- Tuhfah As-Saniyyah Bi Muqaddimah Al Jurrumiyyah lebih berfokus pada penguatan kaidah nahwu. Kemudian aspek repetisi, kedua kitab ini konsepnya sama sama menggunakan soal-soal dan latihan. Selain berupa soal dan latihan, ada suplemen berupa i’rab untuk menguatkan materi tentang qawa’id date: 2020-01-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51205/1/16420020_BAB-1_BAB%20V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51205/2/16420020_BAB-II_S.D_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Muhammad Iqbal Zamzami, NIM.: 16420020 (2020) STUDI KOMPARASI ANTARA KITAB QAWA’ID AL-ASASIYYAH LIL AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH DAN KITAB AT-TUHFAH AS-SANIYYAH BI MUQADDIMAH AL JURRUUMIYYAH (Analisis Materi dan Metode Pembelajaran Nahwu). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.