%0 Thesis %9 Skripsi %A Arfina Dwi Lestari, NIM.: 15480032 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2019 %F digilib:51214 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Program Market Day, Kompetensi Matematika Sekolah Dasar %P 170 %T PROGRAM MARKET DAY DALAM MEMBANGUN KOMPETENSI MATEMATIKA SEKOLAH DASAR DI SDIT KHOIRU UMMAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51214/ %X Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika SD di Indonesia dimana salah satu penyebabnya ialah kurangnya aktivitas pembelajaran bernalar dan pembelajaran pemecahan masalah. Peneliti melihat di SDIT Khoiru Ummah ini melakukan program market day dimana program ini mengajak peserta didik untuk melakukan langsung program jual beli dimana sangat baik untuk proses menemukan pengetahuan itu sendiri. Sehingga peneliti merasa tertarik untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang konsep matematika SD apa saja yang ada dalam program tersebut. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana program market day di SDIT Khoiru Ummah, (2) Bagaimana kompetensi matematika sekolah dasar yang dibangun melalui program market day di SDIT Khoiru Ummah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa program market day merupakan program wirausaha dimana peserta didik bertindak sebagai penjual dan yang lain sebagai pembeli yang dilaksanakan sekali dalam seminggu. kompetensi matematika sekolah dasar yang dibangun dalam kegiatan market day ialah 1) memahami konsep bilangan bulat, pecahan, operasi hitung dan sifat-sifatnya serta menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari, 2) memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan, 3) memiliki kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif. %Z Pembimbing : Izzatin Kamala, S. Pd., M. Pd.