eprintid: 51222 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/12/22 datestamp: 2022-06-13 04:07:11 lastmod: 2022-06-13 04:07:11 status_changed: 2022-06-13 04:07:11 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmai;.com creators_name: Ira Setianingrum, NIM.: 13480096 title: IMPLEMENTASI PROGRAM LIFE SKILL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA TUNAGRAHITA DI BLC (BUTTERFLY LEARNING CENTER) SD 02 INKLUSI AL-IRSYAD CILACAP ispublished: pub subjects: dif subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Program Life Skill, Mengembangkan Kemandirian, Anak Tunagrahita, BLC. note: Pembimbing : Sigit Prasetyo, M.Pd.Si. abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya anak tunagrahita disekitar kita yang tidak dapat mengenyam pendidikan sesuai dengan semestinya dan juga belum banyak yang bisa hidup mandiri. Padahal kita tahu bahwa pendidikan adalah kunci penting mewujudkan negara yang berperadaban. Salah satu tujuan dari pendidikan sendiri adalah untuk anak bisa hidup mandiri. Mengajarkan kemandirian pada anak utamanya anak tunagrahita sangatlah penting untuk kehidupannya di masa yang akan datang. Namun sangat disayangkan sekali masih sedikit sekolah-sekolah yang konsen pada kebutuhan pendidikan bagi anak tunagrahita utamanya dalam mengajarkan kemandirian. Salah satu sekolah yang merupakan bagian kecil yang memiliki konsen terhadap anak tunagrahita terkait dalam menumbuhkan kemandirian yaitu di BLC SD 02 Inklusi Al- Irsyad Cilacap. Tujuan dari diadakannya penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi program life skill untuk mengembangkan kemandirian anak tunagrahita di BLC SD 02 Inklusi Al-Irsyad Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara mendalam, dan observasi nonpartisipan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi program life skill untuk mengembangkan kemandirian anak tunagrahita di BLC SD 02 Inklusi Al-Irsyad Cilacap terbagi dalam tiga tahapan yaitu: a) desain program (latar belakang lairnya program, perumusan tujuan, perincian tugas, perencanaan anggaran biaya dan pembentukan jadwal); b) pelaksanaan program (pola koordinasi, sarana dan prasarana, teknis pelaksanaan program life skill, pelaksanaan program life skill , pelaksanaan program life skill secara terperinci); c) monitoring program (evaluasi program melalui sebuah forum, pencarian solusi terhadap hambatan). date: 2020-01-29 date_type: published pages: 227 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ira Setianingrum, NIM.: 13480096 (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM LIFE SKILL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA TUNAGRAHITA DI BLC (BUTTERFLY LEARNING CENTER) SD 02 INKLUSI AL-IRSYAD CILACAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51222/1/13480096_BAB%20I_BAB%20TERAKHIR_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51222/2/13480096_BAB-II_S.D_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf